Peristiwa Daerah

Tiga Kali Berturut-Turut, Bumi Santri Senori Jawara Umum MTQ Kabupaten Tuban

Kamis, 29 Oktober 2020 - 09:56 | 68.93k
Pendamping Kafilah Bumi Santri Kecamatan Senori Saat Menerima Trofi Jawara Di Ajang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 29 Kabupaten Tuban (29/10/2020) (FOTO: Ahmad Istihar /TIMES Indonesia) 
Pendamping Kafilah Bumi Santri Kecamatan Senori Saat Menerima Trofi Jawara Di Ajang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 29 Kabupaten Tuban (29/10/2020) (FOTO: Ahmad Istihar /TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, TUBAN – Gelaran dua tahunan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 29 Kabupaten Tuban resmi selesai dan ditutup dengan dinobatkan Kafilah bumi santri Kecamatan Senori sebagai jawara umum dalam ajang tersebut, Kamis (29/10/2020) 

Diketahui, kafilah dari Senori sejak lomba dibuka - tutup tanggal 26-28 Oktober 2020 di Pendopo Krido Manunggal, mengumpulkan 64 poin, disusul peringkat kedua Kecamatan Merakurak 41 poin, peringkat ke tiga sama nilai 40 poin yakni kecamatan Bangilan 40 poin dan Kecamatan Palang 40 poin. Sedangkan peringkat kelima, Kecamatan Kerek 35 poin dan Kecamatam Jenu 35 poin,

Untuk peringkat tengah (enam) kecamatan Jatirogo 34 poin, Kecamatan Widang 26 poin, Kecamatan Semanding 25 poin, disusul masing - masing 19 poin Kecamatan Parengan dan Kecamatan Gerabagan dan Kecamatan Soko 18 poin.

Pendamping-Kafilah-Bumi-Santri-Kecamatan-Senori-2.jpg

Sedangkatan papan bawah dalam ajang insani qurani MTQ Tuban diduduki  kecamatan Kota Tuban dengan hanya 16 poin, kecamatan Singgahan 15 poin, Kecamatan Tambakboyo 14 poin, Kecamatan Montong 12 poin, Kecamatan Plumpang 11 poin, Kecamatan Rengel 9 poin, Kecamatan Bancar 4 poin dan terakhir juru kunci Kecamatan Kenduruan dengan 4 poin didapat. 

Sekretaris LPTQ kabupaten Tuban, Eko Julianto menyebutkan bahwa pada pelaksanaan MTQ kali ini berjalan lancar tanpa mengurangi subtansi. Pasalnya, lomba digelar ditengah pandemi covid-19. 

"Sejumlah kegiatan MTQ ditiadakan seperti pawai ta'aruf kafilah karena pandemi, Semoga doa dari insan cinta Alquran ini. Allah SWT segera mengangkat covid-19 dari tanah air tercinta Indonesia," tuturnya 

Sementara pendamping khafilah Kecamatan Senori Karnaji selesai didapuk menjadi jarawa umum untuk ke tiga kali secara berturut - turut sejak tahun 2016, 2018, 2020 mengatakan bahwa rasa terima kasihnya terhadap semua kafilah yang menjadi duta qurani dari bumi santri Senori. 

"Alhamdulillah, berkat doa masyarakat dan restu masyayik pesantren di Senori. Kami dapat mempertahankan jawara ini untuk ketiga kalinya." harunya

Data dihimpun ajang MTQ tingkat Kabupaten Tuban dalam penilaian dilakukan obyektif sesuai aturan ditetapkan oleh Dewan hakim dengan jumlah peserta 503 kafilah dari 20 kecamatan se-kabupaten. Para peserta terdiri dari jenjang anak - anak, Remaja dan Dewasa berkompetisi di 16 cabang lomba meliputi, Tilawah, Khod Alquran, Makalah Alquran, Murottal Sab'ah, Musabaqoh Fahmil Quran (MTQ) Musabaqoh Syarhil Quran (MSQ). (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES