Entertainment

70 Tahun Sang Legenda Rock Indonesia Ian Antono

Kamis, 29 Oktober 2020 - 08:05 | 213.39k
Legenda rock Indonesia, Ian Antono (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Legenda rock Indonesia, Ian Antono (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGLegenda rock Indonesia, Ian Antono, hari ini, Kamis 29 Oktober 2020 genap berusia 70 tahun. Gitaris kelahiran Malang 29 Oktober 1950, ini adalah salah satu maestro gitar di Indonesia.

Besar bersama grup band God Bless, pemilik nama lengkap Yusuf Antono Djoyo ini sebenarnya bukanlah seorang gitaris. Ian muda lebih dulu menyukai drum, dan memilih posisi sebagai drummer. Baru setelah itu, Ian memilih menjadi gitaris.

Ian-Antono-2.jpg

"Awalnya sih saya ini drummer. Lalu jadi gitaris," ucapnya, saat wawancara dengan Soundcorner, pada  2019 silam. "Namun, posisi duduk yang salah saat mengebuk drum agak membungkuk dan membuatnya punggung saya kok sakit." 

Saat itulah Ian memutuskan untuk berganti posisi sebagai gitaris, dan menjadi sosok dewa gitar di Indonesia. Namun sebelumnya menjadi gitaris, Ian juga seorang bassist, bahkan vokalis. 

"Dulu kan ga ada posisi tetap. Misal saya lagi main sama teman, lalu mau nyanyi lagu ini... saya lalu bilang, eh saya yang ngedrum dong, atau saya yang nyanyi saja," ucapnya mengenang awal perjalanan musiknya.

Ian bercerita ia mengenal musik karena memang besar dari keluarga pemusik. Di rumahnya, tersedia alat band lengkap, karena menjadi tempat latihan ayah ibu dan kakaknya untuk bermain musik.   Anak ke-4 dari bersaudara dari pasangan Dharmo P Djoyo dan Siti Mariani, ini mengenang ayahnya adalah seorang pemain biola.

Meski besar di keluarga penyuka musik, Ian waktu itu agak telat mengenal alat musik. "Mungkin baru kelas 5 SD. Saya waktu itu, ga boleh pegang gitar, jadi saya nyuri-nyuri ambil gitar yang waktu itu diletakkan di atas lemari," ucapnya. 

Selain gitaris, dan pencipta lagu, Ian Antono juga dikenal sebagai aranjer musik bertangan dingin. Sebagai aranjer, Ian telah banyak menyumbangkan karya-karya terbaiknya yang dinyanyikan sejumlah penyanyi top Indonesia. Sebut saja, Nicky Astria, Ikang Fawzie, Anggun dan banyak lagi. Termasuk diantaranya Iwan Fals lewat karya album monumentalnya yakni Mata Dewa.

Selamat ulang tahun Ian Antono, panjang umur dan semoga selalu diberi kesehatan lahir batin. Terima kasih Ian Antono untuk segala sumbangsihnya untuk musik Indonesia. (*)

Ekoran-Edisi-Kamis-29-Oktoberr-2020-70-Tahun-Ian-Antono.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES