Peristiwa Daerah

Ini Cara Kampung KB Pagung Lestari Bontang Jalankan Fungsi Lingkungan Hidup

Rabu, 28 Oktober 2020 - 19:06 | 43.64k
Kerja bakti gabungan Pokja kampung KB dan PIK-R di kampung KB Pagung lestari. (Foto: dok Muh Zubair)
Kerja bakti gabungan Pokja kampung KB dan PIK-R di kampung KB Pagung lestari. (Foto: dok Muh Zubair)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Jalankan salah satu fungsi keluarga, yakni tentang lingkungan hidup, Kampung KB (Keluarga Berencana) Pagung Lestari di Kota Bontang menggelar gotong royong, bersama Pokja Kampung KB dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R).

Diketahui, fungsi utama keluarga ada delapan, yaitu fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, serta fungsi pembinaan lingkungan hidup. 

"Nah dalam kegiatan gotong royong ini yang bertanggung jawab adalah Pokja lingkungan hidup," ujar M Zubair Muin, penyuluh KB Bontang Barat dan Lestari (Bonbarles).

Kata dia, kegiatan gotong royong ini rutin dilakukan setiap pekannya. "Atau minimal sekali dalam dua pekan," tuturnya. 

Saat ini, lanjut dia, Bontang telah resmi memiliki empat kampung KB. Yakni; Kampung Mutiara Laut yang terletak di Kecamatan Bontang Utara, Pagung Lestari di Kecamatan Bontang Selatan, Kampung Mekar Sari di Bontang Selatan, dan Willis Sejahtera di Bontang Barat

"Banyak manfaat yang diterima oleh kampung KB baik itu dari pemerintah di tingkat Nasional maupun di tingkat Provinsi sehingga banyak kelurahan lainnya yang tertarik untuk membentuk kampung KB juga," jelasnya.

Ke depan pihaknya akan terus berupaya berkoordinasi dengan pihak terkait agar semakin banyak terbentuk Kampung KB di Kota Bontang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES