Peristiwa Daerah

KNPI Jateng Ziarah Makam Pahlawan dan Beri Penghargaan Tokoh Muda

Rabu, 28 Oktober 2020 - 18:04 | 63.79k
Pengurus DPD KNPI Jateng lakukan ziarah makam pahlawan. (FOTO: Mushonifin/TIMES Indonesia)
Pengurus DPD KNPI Jateng lakukan ziarah makam pahlawan. (FOTO: Mushonifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SEMARANG – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia Jawa Tengah (KNPI Jateng) menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 pada Rabu (28/10/2020).

Peringatan dilakukan dengan ziarah ke makam para pahlawan di TMP Jl. Pahlawan serta ke beberapa makam wali dan pendiri Kota Semarang seperti Syech Pandanaran, Makam al-Habib Toha Depok, dan Makam Pangeran Terboyo.

Selain itu, DPD KNPI Jawa Tengah juga memberi Penghargaan Pemuda Award pada lima tokoh pemuda tahun 2020. Kelima tokoh pemuda itu dianggap sebagai tokoh inspirator penggerak kemandirian ekonomi di kalangan pemuda Jawa Tengah.

Tokoh pemuda itu yakni; Ali Abdul Rohman, ST selaku Ketua Umum KADIN Paradigma Baru Jawa Tengah. Ali adalah pemilik PT Glagahwangi Barwaso Indo. Kiprahnya di KADIN membuatnya mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah pada awal Oktober 2020 di Bina Praja Kantor Gubernur.

DPD-KNPI-Jateng-2.jpgPengurus DPD KNPI Jateng berfoto bersama usai proses pemberian penghargaan pemuda award. (FOTO: Mushonifin/TIMES Indonesia)

Kedua, Fattah Rosihan Affandi, MM. Ketua Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Kota Semarang pada tahun 2016 dan Sekertaris Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Jawa Tengah.

Ketiga, Muhammad Nasir seorang pemuda yang merintis Central Usaha “Kangkung-Ku Khas Jali”. Usaha ini berjalan dengan baik hingga mengantarkannya meraih Juara III lomba Wirausaha Muda Pemula Tingkat Nasional yang diadakan Kemenpora pada pertengahan Oktober 2020.

Keempat, Ershad Salam, PhD. Pemuda berdarah Srilanka ini menamatkan pendidikan S1 hingga S3 di Inggris di bidang Teknik pesawat terbang. Sempat menjadi pilot, ia kemudian memilih menekuni bisnis pin dan cendera mata dari tembaga. Karyanya pernah dipakai ibu negara Iriana Joko Widodo dan pada 2017 mahkota Miss Universe juga buah karyanya.

Kelima, Laila Fadia el Fouz A Rafiq, MM anak dari pedangdut senior A Rafiq. Fadia mengikuti jejak ayahnya sebagai pedangdut. Namanya melejit setelah ia melemparkan single berjudul Cik Cik Bum Bum (2000).

Fadia pernah menjadi Wakil Bupati Pekalongan periode 2011-2016 mendampingi Amat Antono. Sekarang dia sedang berkompetisi dalam dalam pilkada serentak 2020 sebagai calon Bupati Pekalongan. Selain menjadi politisi Fadia juga menekuni dunia seni dan bisnis.

Ketua DPD KNPI Jawa Tengah, Nur Wahid mengatakan, pada peringatan sumpah pemuda dirinya menginginkan para pemuda harus mengikuti keteladanan para pahlawan yang telah memerdekakan bangsa ini.

"Kita sebagai generasi muda wajib hukumnya melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan," ujarnya dalam sambutan.

Wahid juga mengatakan bahwa pemberian anugrah Pemuda Award yang dia berikan pada para tokoh muda inspiratif ini bertujuan untuk menunjukkan betapa pentingnya peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan.

"Gerakan kemandirian pemuda adalah kunci pokok untuk menyempurnakan kemerdekaan agar bangsa kita tak gampang terjajah kembali," tegasnya.

Salah satu penerima penghargaan, Ali Abdul Rohman, menjelaskan bahwa apa yang dia raih saat ini adalah bentuk upaya mewujudkan mimpi kemandirian bangsa. Ia mengaku dulu hanya pedagang ayam di pasar Cipinang Jakarta, yang kemudian pulang ke kampung halaman untuk membuat sebuah usaha.

"Sehingga berdirilah sebuah perusahaan yang sekarang saya kendalikan, dan sekarang kami sudah bekerja sama dengan perusahaan Vietnam di bidang makanan," ungkap Ketua Umum KADIN Paradigma Baru Jawa Tengah dan pemilik PT. Glagahwangi Barwaso Indo itu.

Sementara itu Fattah Rosihan Affandi menjelaskan perlunya kaum muda berani menunjukkan eksistensinya dalam pembangunan. Pengurus KADIN Bidang Perumahan Rakyat inimenyebut peran kaum muda sangat dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat.

"Kita sebagai pemuda juga harus menunjukkan eksistensi kita dalam pembangunan. Tunjukkan kekuatanmu bukan hanya otot saja, namun daya pikir untuk kreatifitas dan inovasi," pungkasnya dalam momen peringatan Hari Sumpah Pemuda oleh DPD KNPI Jateng. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES