Pendidikan

Akhirnya, Prodi Arsitek Untag Terakreditasi A

Rabu, 28 Oktober 2020 - 16:47 | 63.92k
Suasana assement prodi Arsitektur Untag Surabaya. (Foto: Dok. Humas Untag)
Suasana assement prodi Arsitektur Untag Surabaya. (Foto: Dok. Humas Untag)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Program Studi Arsitektur (Prodi Arsitektur) Universitas 17 Agustus (Untag) telah berdiri sejak 1986. Dan akhirnya kini telah berhasil mendapatkan Akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi).

September lalu Prodi Arsitektur melakukan akreditasi dan mendapatkan asesmen lapangan dari BAN-PT. Dr. Ir. Joesron Alie Syahbana, M.Sc. dan Dr.  Asep Yudi Permana, M.Ds. sebagai assesor. Ketua Program Studi Arsitektur UntagSurabaya - Muhammad Faisal, ST., MT. mengucap syukur atas capaian tersebut.

Untag Surabaya

“Kami senantiasa bersyukur karena hasil akreditasi ini adalah buah dari ikhtiar bersama. Di dalamnya ada unsur kerjasama dati mitra, kolega, sejawat, alumni maupun orang tua mahasiswa,” ungkapnya, Rabu (28/10/2020).

“Kami konsisten melakukan evaluasi prodi sejak akhir 2017 dan mulai melakukan koordinasi intensif terkait keterlibatan pihak luar. Karena kami masih menggunakan standar yang lama, jadi kami menggunakan 7 standar saat mempersiapkan portofolio borang.” tambah Faisal.

Asesmen tersebut kata Faisal berlangsung dengan lancar. Bahkan kedua asesor sempat memuji prestasi Prodi Arsitektur Untag Surabaya. Kegiatan yang membuat asesor memberikan apresiasi adalah kerjasama luar negeri.

"Partner luar negeri yang menjadikan kami kegiatan rutin membuat adalah UN HABITAT,” kata Faisal.

Hal tersebut, merujuk pada  berdirinya UNI Office sebagai sebuah representative office bernama UNI Office yang menjadi satu-satunya perwakilan dari UN HABITAT di Indonesia.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam pencapaian kami, ada hal yang harus ditingkatkan terutama di bidang SDM. Kami harus memotivasi untuk meningkatkan jenjang karir akademik, apalagi sejak 1986 berdirinya prodi ini kami  belum mempunyai guru besar," tuturnya.

Faisal memiliki sejumlah harapan untuk prodi yang ia pimpin. Ia berharap agar akreditasi A tersebut bisa menjadi pembuka peluang dan kesempatan baru yang lebih baik dan semakin banyak memberikan manfaat untuk masyarakat luas.

Prodi Arsitektur Untag berusaha mempertahankan akreditasi dan kualitas melalui kegiatan internasional yang berencana untuk melanjutkan milestone hingga kancah internasional dan bersiap untuk akreditasi internasional.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES