Peristiwa Daerah

Operasi Zebra Candi 2020, Polres Banjarnegara Bagikan Masker dan Jamu

Rabu, 28 Oktober 2020 - 14:28 | 54.84k
Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, SH, SIK, MH, M.Si mengedukasi warga dan membagikan masker. (FOTO : Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)
Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, SH, SIK, MH, M.Si mengedukasi warga dan membagikan masker. (FOTO : Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Petugas gabungan dari Satlantas Polres Banjarnegara, Satpol PP,  Dishub, DKK dan Sarsispol Banjarnegara Jawa Tengah, Rabu (28/10/2020) menggelar Operasi Zebra Candi 2020 di Depan Mapolres Banjarnegara.

Operasi pada Rabu (18/10/2020) hari ini, petugas masih fokus pada tindakan preemtif dan preventif ketimbang represif. Dalam operasi ini, satlantas juga  menggunakan helm dan drone Jatayu untuk mengukur suhu pengendara kendaraan bermotor dari jarak jauh.

Operasi dipimpin langsung Kasatlantas Polres Banjarnegara AKP Erwin Chan Siregar, SH, SIK, MH. Dalam kesempatan ini pula petugas Sarsispol Banjarnegara juga membagi masker dan empon-empon dalam bentuk cair (jamu).

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, SH, SIK, MH, M.Si tampak turun ke lapangan memberikan sosialisasi tentang protokol kesehatan dan membagikan masker. Ia menyampaikan  operasi ini akan berlangsung hingga 8 November mendatang.

Kapolres yang didampingi Kasatlantas menjelaskab operasi ini di samping bertujuan penegakan disiplin berlalu lintas, juga guna percepatan penanganan covid-19 dengan mengedukasi masyarakat terkait pentingnya melaksanakan protokol kesehatan. 

"Dalam Operasi Zebra 2020, 40 persen preemtif atau sifatnya edukasi dan  sosialisasi, 40 persen preventif atau pencegahan yang dilaksanakan seperti kegiatan rutin Satlantas yaitu pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli dan 20 persen represif penindakan dengan tilang," kata Kapolres.

Sementara Kasatlantas AKP Erwin Chan Siregar, SH, SIK, MH menambahkan, jenis pelanggaran  berpotensi mengakibatkan kecelakaan akan ditindak tegas, seperti  pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI.

Kemudian,  melawan arus, menerobos Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL), melanggar garis marka, berkendara di bawah umur, kecepatan dan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas.

Dalam Operasi Zebra Candi 2020 Polres Banjarnegara ini, Sarsispol Banjarnegara  memberikan pelayanan kesehatan bagi warga yang terjaring operasi. Mereka yang merasa kurang sehat diarahkan ke stan Sarsispol untuk berkoordinasi dan konsultasi kesehatan dengan dr Rury dari RSI Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES