Peristiwa Nasional

Mahfud MD Mengapresiasi Ansor yang Tetap Berjuang Menegakkan Pancasila

Rabu, 28 Oktober 2020 - 13:40 | 35.77k
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menko Polhukam RI), Mahfud MD saat hadir dalam acara seminar Internasional BPIP-GP Ansor melalui Video Confrence di Jakarta (Edi Junaidi Ds/TIMES Indonesia)
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menko Polhukam RI), Mahfud MD saat hadir dalam acara seminar Internasional BPIP-GP Ansor melalui Video Confrence di Jakarta (Edi Junaidi Ds/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menko Polhukam RI), Mahfud MD mengapresiasi atas penyelenggaraan seminar internasional yang diadakan oleh GP Ansor hasil kerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Menurut Menko Mahfud, Ansor merupakan organisasi keagamaan Indonesia yang sampai saat ini tetap komitmen berjuang demi tegaknya ideologi Pancasila. 

"Belakangan ini banyak tantangan bagi Indonesia, salah satunya adalah bermunculan orang yang ingin mengubah ideologi Pancasila. Tapi bersyukur organisasi Islam yang dimiliki Indonesia ada yang komitmen memperkuat ideologi Pancasila kita," kata Mahfud MD saat menjadi narasumber dalam seminar Internasional BPIP-GP Ansor melalui Video Confrence di Jakarta, Rabu (28/10/2020).

Politisi asal Pulau Madura tersebut menjelaskan bahwa agama bisa berjalan beriringan dengan damai di Indonesia. Sehingga, perbedaan apapun masih tetap memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Kata dia, semua itu tidak lepas dari usaha pemerintah dalam penguatan edukasi ideologi Pancasila, kepada para pemuda dan organisasi keagamaan seperti Ansor di seluruh Indonesia.

"Agama merupakan sesuatu yang bisa dilakukan rekonsiliasi untuk membangun perdamaian di dunia, agar bisa berdampingan secara damai. Negara ini adalah negara yang beragam oleh karena itu kita harus dukung keberadaan BPIP," imbuhnya.

"Pancasila sebagai makna yang sangat universal ini memberikan kehormatan bagi hak hak asasi manusia, dan ini perlu kita sukuri dan ini sudah diakui oleh dunia," lanjut Mahfud MD.

Mahfud juga menceritakan bahwa saat ini dunia mengakui keberhasilan Indonesia dalam merawat bermacam perbedaan agama dengan bingkai satu ideologi Pancasila. Kata dia, agama, terutama Islam selama ini dinilai selalu berjalan beriringan dalam membangun negara.

"Ini menunjukkan bahwa Pancasila dengan Islam adalah dua mata uang yang sama membuat masyarakatnya menjadi damai. Warga negara di seluruh dunia baik muslim maupun non muslim, harus mengakui bahwa kita adalah bangsa dan negara yang damai. Kita rawat keberagaman ini bersama-sama," kata Mahfud MD. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES