Peristiwa Nasional

PBNU dan PP Muhammadyah Sikapi Penyataan Presiden Prancis yang Menyakiti Umat Islam

Rabu, 28 Oktober 2020 - 13:37 | 79.41k
Presiden Prancis Emmanuel Macron. (FOTO: INTODAY)
Presiden Prancis Emmanuel Macron. (FOTO: INTODAY)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pengurus Pusat (PP) Muhamadiyah turut angkat bicara atas pernyataan yang dikemukakan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang dinilai menyakiti umat Islam.

Sekretaris Jenderal PBNU Ahmad Helmy Faishal Zaini mengatakan, pihaknya menyayangkan pernyataan dan sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron yang mengungkapkan, Islam adalah agama yang sedang mengalami krisis di seluruh dunia.

Hal itu dikarenakan, penyataan ini bakal berdampak pada perdamain dunia.

"Pernyataan ini sangat tendensius. Menggelorakan islamophobia dan memiliki dampak besar terhadap perdamaian dunia," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, radikalisme dan ekstremisme adalah masalah pribadi dan  tak bisa dikaitakan dengan agama apapun. Termasuk Islam.

“Menggelorakan propaganda bahwa Islam merupakan agama radikalis dan ekstremis, jauh sekali dengan kebenaran dan fakta yang ada," jelasnya.

Tak jauh berbeda dengan PP Muhammadyah yang juga menyatakan sangat kecewa pada Presiden Macron tersebut. PP Muhammdyah menilai hal itu sangat menyudutkan umat Islam dan menganggap penghinaan Nabi Muhammad Saw.

"Kami merasa kecewa dan patut disayangkan pernyataan tersebut keluar dari seorang pemimpin yang memperlihatkan ketidaktoleranan terhadap keyakinan orang lain," kata Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad seperti mengutip dari Antara.

Menurutnya, setiap manusia sebaiknya saling menghormati satu sama lain apapun latar belakangnya, terlebih itu adalah hal sakral terkait suatu agama. "Kita menghormati perasaan semua umat beragama untuk tidak melecehkan tokoh suci agama apapun," ujarnya soal Presiden Prancis Emmanuel Macron. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES