Peristiwa Daerah UMKM Tangguh

CV Berkah Konveksi Madiun Produksi Masker Kain Anti Bakterial

Selasa, 27 Oktober 2020 - 23:24 | 209.89k
Owner CV Berkah Konveksi, Sari Rohmadiyah. (Foto:  M Kilat Adinugroho Syaifullah/TIMES Indonesia)
Owner CV Berkah Konveksi, Sari Rohmadiyah. (Foto: M Kilat Adinugroho Syaifullah/TIMES Indonesia)
FOKUS

UMKM Tangguh

TIMESINDONESIA, MADIUN – Di tengah pandemi Covid-19 menggunakan masker merupakan hal wajib. Kondisi ini membuat CV Berkah Konveksi yang berada di Jalan Raya Ponorogo-Madiun 24, Demangan, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur berinovasi menciptakan masker anti bakterial.

"Pertama bikin masker dari kain, lalu bikin scuba, kemudian dilarang maka kita bikin lagi masker kain tapi yang lebih bagus dan premium tiga lapis," ujar owner CV Berkah Konveksi, Sari Rohmadiyah kepada TIMES Indonesia, Selasa (27/10/2020).

Produksi Masker Kain

Rohmadiyah mengatakan, makser premium baru mulai dia jual sepekan lalu. Dan hingga saat ini dalam sehari mampu membuat 300 pcs masker siap dipasarkan.

"Pesanan instansi sudah banyak, ada dari kepolisian, TNI dan BUMN. Permintaan lumayan banyak di Kota Madiun," tambahnya.

Kelebihan masker non medis yang diproduksi CV Berkah Konveksi yakni dilengkapi bahan kulitas impor, dua lapis kain anti bakterial, dapat dicuci, 100 persen katun, dan dapat digunakan dengan hijab maupun non hijab. Harganya juga terjangkau yakni Rp 10 ribu untuk polos dan Rp 12 ribu dengan bordir identitas sesuai permintaan konsumen.

CV Berkah Konveksi sudah dibangun sejak 2019, berawal dari Rohmadiyah melihat kondisi jumlah pesanan untuk para penjahit di Kota Madiun. Akhirnya dia berinisiatif untuk membuat usaha konveksi dengan mengumpulkan masyarakat yang ahli di bidang sablon, packing, desain, dan jahit.

Produksi Masker Kain 2

"Tahun pertama buka konveksi, rugi terus hingga ratusan juta, karena karyawan kami masih belum terlalu ahli pada bidangnya masing-masing, akhirnya mereka belajar secara otodidak hingga saat ini menjadi ahli dan di tahun ke dua ini dapat berjalan lancar," jelasnya.

Usaha konveksi Rohmadiyah saat ini dapat berkembang karena selalu memanfaatkan peluang sekecil mungkin sehingga dapat terus berjalan, dengan 23 karyawan.

"Alhamdulillah di tengah pandemi Covid-19 pemesanan masker meningkat. Tapi di awal Covid-19 dampaknya sangat signifikan," tuturnya.

Selain dapat membuat masker, CV Berkah Konveksi juga menerima bordir, sablon, topi, baju, celana, jersey dan masih banyak lagi sesuai pesanan konsumen. "Selama bahannya kain, Insya Allah kami kita usahakan bisa, bagaiamanapun bentuknya," kata Rohmadiyah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES