Pendidikan New Normal Life 2020

Disdikpora Pemkab Bantul Wacanakan Sistem Pembelajaran di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Selasa, 27 Oktober 2020 - 23:16 | 52.01k
Kepala Disdikpora Bantul Isdarmoko saat memberikan keterangan kepada media. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Kepala Disdikpora Bantul Isdarmoko saat memberikan keterangan kepada media. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
FOKUS

New Normal Life 2020

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Pemkab Bantul mewacanakan Layanan Konsultasi Pelajaran (LKP). Sebagai solusi pemelajaran di era Adaptasi Kebiasaan Baru. Kepala Disdikpora Bantul Isdarmoko menjelaskan LKP bertujuan meningkatkan efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama siswa Belajar dari Rumah (BDR).

Dihubungi lewat telepon Selasa (27/10/2020) Isdarmoko menjelaskan selama PJJ beberapa anak mengalami kesulitan dalam mata pelajaran tertentu. Sementara sistem pembelajaran tatap muka belum dapat dilakukan di Bantul. Sebagai solusi siswa dalam kelompok kecil dapat menemui guru tertentu untuk berkonsultasi.

Terdapat beberapa ketentuan yang harus dipatuhi dalam pelaksanaan LKP. Diantaranya ada ijin dari orangtua, jumlah siswa setiap kelompok maksimal 8 untuk SD dan 10 untuk SMP. kegiatan maksimal dilakukan 3 jam dan maksimal 2 kali pertemuan dalam seminggu untuk setiap kelompok.

"Wacana ini sudah saya sampaikan kepada seluruh kepala SD dan SMP di Bantul," jelas Isdarmoko.

Program LKP tidak bersifat wajib dan hanya dilakukan untuk mata pelajaran tertentu. Seperti Calistung untuk SD serta Matematika, IPA dan Bahasa Inggris untuk SMP. Pelaksanaan LKP akan dievaluasi setelah berjalan 3 bulan. Hasil evaluasi akan menjadi dasar pengambilan keputusan oleh Disdikpora Pemkab Bantul untuk pembelajaran di tingkat PAUD.

Pada pelaksanaan LKP protokol kesehatan secara ketat diterapkan. Disdikpora Bantul mewajibkab sekolah melakukan tes suhu, mencuci tangan, dan memakai masker. Tempat duduk siswa berjarak minimal 2 meter. Tersedia wastafel di depan kelas. jumlah toilet memenuhi rasio jumlah siswa dan ruangan selalu disemprot disinfektan minimal seminggu sekali. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES