Peristiwa Daerah

Bakesbangpol Jombang Ajak Ormas Kepemudaan Sinergi dengan Pemerintah

Selasa, 27 Oktober 2020 - 18:56 | 82.52k
Sosialisasi Kesbangpol di Green Red Hotel Syariah Jombang (Rohmadi/TIMES Indonesia)
Sosialisasi Kesbangpol di Green Red Hotel Syariah Jombang (Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Lewat sosialisasi dan seminar tentang peran organisasi masyarakat dalam pembangunan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jombang (Bakesbangpol Jombang) ajak ormas kepemudaan bersinergi dengan pemkab Jombang.

Acara yang digelar di Green Red Hotel Syariah Jombang, Selasa (27/10/2020) itu melibatkan beberapa organisasi kepemudaan dan mahasiswa di Jombang seperti AMSI, Pemuda Pancasila, Ansor, Garda Bangsa, PMII, HMI, GMNI, dan sebagainya.

Eva, Bidang Budorsospol mengatakan, perlunya sinergitas antara ormas kepemudaan terhadap pemerintah saat ini guna mempermudah pembagunan bangsa.

"Saya rasa peran ormas saat ini sangat sentral karena mereka mempunyai masa yang banyak dan sangat relefan untuk bersinergi dengan pemerintah untuk proses pembangunan di masing-masing daerah," ungkap Eva, Selasa (27/10/2020).

Kesbangpol sebagai wadah untuk mengayomi para ormas yang ada di Jombang memberikan kesempatan untuk saling bekerjasama dan membantu memfasilitasinya.

Namun, tidak banyak ormas yang mau mendaftarkan dirinya ke Kesbangpol. Sehingga perlu untuk melakukan pendataan ulang setiap Ormas yang ada di Kabupaten Jombang.

Pada tahun 2021 Pemerintah Pusat akan memberlakukan pendataan online, yang artinya segala data Ormas harus dilakukan pembaruan dan dapat diakses secara online. Serta pentingnya melakukan registrasi ulang bagi Ormas adalah untuk bisa mendapatkan pelayanan dari Bankesbangpol.

"Saat ini kita tidak mengumpulkan seluruh organisasi kemasyarakatan tetapi hanya organisasi kepemudaannya saja, untuk memberikan imbauan agar melakukan registrasi ulang bagi Ormas yang legalitasnya berupa SKT, sebab masanya hanya berlaku 5 tahun," jelasnya

Menurut Eva, Ormas memiliki peran penting dalam kehidupan bangsa maupun negara. Sebab Ormas sebagai penggerak dan memiliki hak politik, dengan catatan tindakan yang dilakukan dapat sesuai dengan koridor yang berlaku. 

"Ke depan Ormas akan menjadi mitra pemerintah dalam melakukan pembangunan daerah. konflik-konflik yang berhubungan dengan pemerintah dapat diminimalisir," bebernya.

Selain itu, dalam perjalanannya, Ormas memiliki beberapa tantangan yang dihadapi dalam negara. Saat ini yang menjadi sebuah tugas bersama yakni Narkoba, Indonesia menjadi negara dengan peringkat ke 3 tingginya tingkat narkoba. Di sini Ormas dapat menghadapai tantangan dengan membuat event yang tujuannya adalah untuk menuntaskan generasi muda dari pengaruh narkoba.

Pihak Bakesbangpol Jombang berharap ke depan gerak dari Ormas selalu dalam koridor, sebab Ormas dan Pemerintah akan menjadi mitra. "Bankesbangpol juga akan memberikan fasilitas bagi Ormas jika ingin mengadakan kegiatan, utamanya kegiatan yang memiliki dampak besar bagi pemberdayaan Ormas," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES