Peristiwa Daerah

Stok Darah PMI Menipis, Komunitas Difabel di Probolinggo Donorkan Darah

Selasa, 27 Oktober 2020 - 15:55 | 51.22k
Bold Riders Probolinggo, menggelar aksi donor darah. Dalam aksi sosial ini Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) menggelar donor darah. (Foto: DMI for TIMES Indonesia)
Bold Riders Probolinggo, menggelar aksi donor darah. Dalam aksi sosial ini Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) menggelar donor darah. (Foto: DMI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Di masa pandemi saat ini, stok darah di PMI (Palang Merah Indonesia) yang semakin menipis membuat komunitas motor yang tergabung dalam Bold Riders Probolinggo, menggelar aksi donor darah di mana Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo turut menjadi pendonor.

Tercatat ada enam perwakilan dari DMI yang ikut jadi pendonor di acara yang berlangsung sejak dua hari terakhir di kantor PMI Probolinggo. Kegiatan donor darah dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ini mengambil tema Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri.

Hal ini diungkap Koordinator Bold Riders Probolinggo Andi Susanto, aksi kemanusiaan ini dilakukan oleh sejumlah komunitas motor Bold Riders Probolinggo, seperti New Vixion lightning (NVL) Rider Probolinggo, kemudian GSX Rider Community Problinggo (GRCP), R-15 Probolinggo, dan CB Sugali.

"Alhamdulillah kegiatan ini bisa mengumpulkan puluhan kantong darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Kami dari komunitas Bold Riders sangat bangga dan terima kasih kepada PMI dan para member, serta rekan DMI yang membuat acara ini sukses," kata Andi, Selasa (27/10/2020).

 Sumpah pemuda menjadi momentum bagi anak-anak muda di Probolinggo untuk bersatu dan menyatu dengan masyarakat. Apalagi di tengah Pandemi Covid-19, banyak warga yang mengalami kesulitan hidup.

"Sebagai bentuk apresiasi kami, teman-teman dari Bold Riders Probolinggo juga memberikan perlengkapan dalam berkendara seperti warning light (lampu untuk touring), termasuk dibuatkan kaus juga. Ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada teman-teman kami DMI Probolinggo," ungkap Andi.

"Saatnya kita bersatu dan saling bantu. Anak-anak Bold Riders Probolinggo selalu siap untuk kegiatan sosial seperti ini," sambung Andi.

Donor darah ini bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan masuk kegiatan pembuatan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.   

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna.

Komunitas yang terlibat program donor darah "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Saat itu kata Andi,ada 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5.000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

"Itulah bentuk kepedulian kami untuk menggelar aksi donor darah dari Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo," ucapnya dalam acara yang digelar di PMI Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES