Pemerintahan

Banprov Tahap Ketiga di Indramayu Mulai Disalurkan, Tapi ...

Selasa, 27 Oktober 2020 - 15:18 | 76.61k
Pjs. Bupati Indramayu saat memberikan banprov secara simbolis. (FOTO: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Pjs. Bupati Indramayu saat memberikan banprov secara simbolis. (FOTO: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Bantuan Sosial Provinsi (Banprov) Jawa Barat tahap ketiga mulai disalurkan kepada masyarakat di Kabupaten Indramayu, Selasa (27/10/2020). Bantuan ini disalurkan dari Kantor Pos menuju ke rumah-rumah penerima.

Jumlah Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) di Kabupaten Indramayu yang menerima banprov tahap ketiga ini ada sebanyak 54.838 KRTS. Jumlah ini meningkat drastis dibandingkan penyaluran pada tahap-tahap sebelumnya, yang hanya sekitar 22 ribu KRTS saja.

Bambang-Tirtoyuliono-2.jpg

Namun sayangnya, meskipun ada kenaikan jumlah penerima, jumlah nominalnya justru berkurang, berbeda dibandingkan dengan tahap-tahap sebelumnya.

Pjs. Bupati Indramayu Bambang Tirtoyuliono menjelaskan, bantuan tunai yang disalurkan mengalami pengurangan, dari yang sebelumnya hanya Rp 150 ribu menjadi Rp 100 ribu.

Sedangkan bantuan non tunai, dari semula Rp 350 ribu menjadi Rp 250 ribu, yang terdiri dari 10 item, yakni beras kualitas premium 5 kilogram, susu 5 pcs, garam 500 gram, vitamin C 1 botol, sarden 5 pcs, kornet 1 pcs, gula 1 kilogram, minyak goreng 1 liter, masker 4 pcs, dan goody bag.

"Secara kumulatif, total nominal bantuan yang diberikan kepada masyarakat pada tahap ketiga ini senilai Rp 350 ribu, atau ada penurunan dari total nominal bantuan sebelumnya yang senilai Rp 500 ribu," jelasnya usai memberikan bantuan secara simbolis si Kantor Pos Indramayu, Selasa (27/10/2020).

Bambang menjelaskan, alasan nominal bantuan yang berkurang dikarenakan defisit anggaran yang dialami oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Ini membuat, mereka harus mengurangi jumlah nominalnya. Apalagi, jumlah penerimanya yang bertambah.

Bambang pun menargetkan, seluruh Banprov di Kabupaten Indramayu bisa secepatnya diterima oleh KRTS dalam dua minggu penyaluran, dan tidak ada return atau pengembalian seperti di tahap-tahap sebelumnya. "Mudah-mudahan pada tahap ketiga ini data kita jauh lebih baik," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES