Pemerintahan

Hari Sumpah Pemuda, Thaher Hanubun: Maluku Tenggara Tetap NKRI

Selasa, 27 Oktober 2020 - 11:03 | 70.25k
Bupati Maluku Tenggara, M Thaher Hanubun. (Foto: Pemkab Maluku Tenggara)
Bupati Maluku Tenggara, M Thaher Hanubun. (Foto: Pemkab Maluku Tenggara)

TIMESINDONESIA, LANGGUR – Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku siap menyambut Hari Sumpah Pemuda tahun 2020. Berbagai acara telah dirancang untuk menyemarakkan peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda di wilayah perbatasan ini.

Beragam acara mulai upacara dan kirab merah putih hingga atraksi kesenian tradisional bakal dihadirkan di Nuhu Yut, pulau kecil terluar di Maluku Tenggara yang menjadi tempat pelaksanaan acara.

Nuhu Yut atau Kepulauan Kei Besar telah ditetapkan sebagai Pulau Kecil Terluar dalam Keppres No.6 tahun 2017. 

Dipilihnya Nuhu Yut sebagai lokasi peringatan Hari Sumpah Pemuda menunjukkan komitmen kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya mau menunjukkan kepada Indonesia, kepada pimpinan Negara Kesatuan Republik Indonesia bahwa Maluku Tenggara untuk Indonesia dan Maluku Tenggara Tetap NKRI," kata Bupati Maluku Tenggara, Thaher Hanubun dalam video menjelang peringatan Sumpah Pemuda tahun 2020 yang diterima TIMES Indonesia.

Bupati Thaher menggambarkan rangkaian acara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dimulai sejak hari ini, Selasa (27/10/2020). Ia mengatakan, akan ada arak-arakan seribu bendera merah putih yang bakal menghiasi wilayah perbatasan pintu gerbang di Weduar Fer.

Acara bertajuk "Dari Weduar Fer Batas Wilayah NKRI untuk Indonesia" akan diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya: Kirab Kebangsaan dan Parade Merah Putih, seminar character building, Wer Warat (Tangkap Ikan Tradisional), launching spot diving, pengibaran Merah Putih di batas wilayah NKRI, dan upacara peringatan Sumpah Pemuda.

"Akan diisi dengan acara-acara kesenian dan tradisi tarik tali," ujar Bupati Maluku Tenggara, Thaher Hanubun terkait dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda di Nuhu Yut, pulau kecil terluar Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES