Pendidikan

Universitas Surabaya Borong Juara di Kompetisi Akuntasi Nasional

Selasa, 27 Oktober 2020 - 10:57 | 112.95k
Merelyn Mahasiswa Universitas Surabaya yang meraih juara 1 dalam Kompetisi Akuntansi Airlangga (KAA) 2020 yang digelar secara daring. (FOTO: Dok. Humas Ubaya)
Merelyn Mahasiswa Universitas Surabaya yang meraih juara 1 dalam Kompetisi Akuntansi Airlangga (KAA) 2020 yang digelar secara daring. (FOTO: Dok. Humas Ubaya)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Meski kuliah masih daring, tidak menjadi alasan untuk mahasiswa bisa meraih prestasi, seperti dua mahasiswa asal Universitas Surabaya (Ubaya) yang memborong juara tingkat nasional di Kompetisi Akuntansi Airlangga (KAA) 2020.

Dalam kompetisi  KAA 2020 yang digelar secara daring oleh Himpunan Mahasiswa D3 Akuntansi Unair dengan tema “Prove Your Skill, Claim Yourself As A Great Accountant” itu, Merelyn dan Jonathan Valentine Soegiharto, perwakilan Ubaya berhasil membuktikan prestasi di tengah pandemi dengan meraih gelar juara 1 dan juara 3, Minggu (25/10/20)

Merelyn sebagai pemenang juara 1 dalam kompetisi KAA 2020 menceritakan jika kompetisinya bersifat individu dan digelar secara daring. Dirinya merasa senang serta bersyukur ketika berhasil lolos hingga babak final dan menjadi juara pertama dalam kompetisi.

Mahasiswa-Universitas-Surabaya-2.jpg

“Saya sangat senang karena bisa mengaplikasikan materi akuntansi yang telah dipelajari selama 5 semeter di Ubaya dengan baik saat perlombaan. Saya juga dapat membanggakan Prodi Akuntansi Ubaya,” ungkap Merelyn, Selasa (27/10/2020).

Kompetisi berskala nasional yang diikuti 80 peserta dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia itu tak sekedar Kompetisi abal-abal, dua mahasiswa asal Ubaya itu harus melewati beberapa tahapan agar bisa menjadi juara.

Merelyn dan Jonathan berhasil melewati rangkaian babak perlombaan yang terdiri dari babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Di mana seluruh babaknya harus dilakukan secara daring dan hal tersebut bukanlah hal yang biasa  bagi mahasiswa.

Peraih juara 3, Jonathan Valentine Soegiharto mengungkapkan bahwa dirinya merasa kesulitan ketika mengerjakan soal pada babak semifinal. Namun, dirinya bersyukur karena beberapa materi yang dilombakan telah diajarkan oleh Dosen Prodi Akuntansi Ubaya pada waktu kuliah.

“Babak semifinal terdiri dari dua sesi yaitu Go With The Cycle dan Mix And Match. Pada sesi pertama, peserta harus mengerjakan soal siklus akuntansi selama 60 menit. Kemudian di sesi selanjutnya terdiri dari soal True and False, Number Scramble, dan Fill in The Blanks,” jelasnya.

Setelah berhasil melewati babak semifinal, Merelyn dan Jonathan berhasil lolos ke babak final “Speak Your Thoughts” dan mempersiapkan diri untuk melakukan presentasi studi kasus sesuai dengan topik yang didapat.

Persiapan Merelyn dan Jonathan dalam mengikuti kompetisi yaitu dengan melakukan review materi satu hari sebelum perlombaan dimulai. Selain itu, mereka juga telah mengikuti beberapa latihan dan bimbingan.

Dua mahasiswa Universitas Surabaya itu tak sendiri untuk bisa meraih prestasi ada Permata Ayu Widyasari selaku Dosen Prodi Akuntansi FBE Ubaya sekaligus dosen pembina dari Tim Accounting Warrior Ubaya yang membantu mereka dalam pembimbingan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES