Pendidikan

Hadir ke Bondowoso, Kepala Dinas Pendidikan Jatim Dorong Siswa Bermental Entrepreneur

Senin, 26 Oktober 2020 - 19:52 | 66.15k
Kepala Dinas Pendidikan Jatim bersama sejumlah pihak saat melihat produk karya SMK PP Negeri I Tegalampel Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Pendidikan Jatim bersama sejumlah pihak saat melihat produk karya SMK PP Negeri I Tegalampel Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOKepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi, hadir langsung dalam acara Jatim Cerdas, yang digelar di SMK PP Negeri I Tegal Ampel Bondowoso, Senin (26/10/2020).

Dalam kesempatan tersebut, ia juga meninjau langsung lahan pertanian milik SMK PP, business center dan sejumlah produk yang dipamerkan dalam pagelaran tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Wahid Wahyudi meminta, siswa-siswi sekolah tersebut agar tidak mempunyai mental yang berorientasi menjadi pegawai saja, akan tetapi juga bermental menjadi pengusaha.

"Pesan saya, siswa yang lulus dari sekolah ini harus bermental juragan. Alhamdulillah, selaras dengan di gerbang SMK PP Tegalampel ini jargonnya adalah 'Go Enterpreneur'," katanya.

Menurutnya, selama ini ia selalu mendorong pada semua sekolah SMK agar mengajarkan keterampilan dan manajemen, supaya para alumni kelak mampu bersaing dalam dunia kerja.

"SMK PP ini kompetensinya adalah pertanian, laporan dari kepala sekolahnya, alumni dari SMK PP ini banyak yang menjadi pengusaha-pengusaha baru," katanya.

Ia berharap, para alumni dari SMK PP ini menjadi enterpreneur baru, juga menjadi penyuluh pertanian, disamping itu juga bisa menjadi peneliti di bidang pengembangan pertanian, agro bisnis maupun agro industri.

"Peralatan pertanian di sini lengkap, di samping itu siswa juga bisa latihan langsung," jelasnya saat dikonfirmasi.

SMK PP ini kata dia, memiliki dua status, pertama sebagai SMK badan layanan usaha daerah, kedua sebagai SMK percontohan. Oleh sebab itu, ia akan memperhatikan fasilitas apa yang perlu dimodernisasi, karena teknologi terus berkembang.

"Untuk menjadi SMK percontohan, kami terus mendukung apa yang dilakukan oleh pihak SMK PP. Sehingga SMK yang lain bisa melakukan kunjungan kerja ke sekolah ini," terang Kepala Dinas Pendidikan Jatim,  Wahid Wahyudi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES