Peristiwa Daerah 3M Lawan Covid

Bagaimana Penularan Covid 19 Ketika Berada di Pesawat? Ini Penjelasannya

Senin, 26 Oktober 2020 - 18:51 | 44.05k
Ilustrasi (FOTO: liputan6.com)
Ilustrasi (FOTO: liputan6.com)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Menurut CDC, penularan Covid-19 saat bepergian dengan pesawat terbang terjadi saat adanya waktu menunggu dan antri di bandara. Karena kita berisiko kontak erat dengan orang yang terinfeksi Covid-19, dan risiko menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica, Senin (26/10/2020).

Menurutnya, bepergian menggunakan pesawat terbang terkadang mau tidak mau harus tetap dilakukan oleh sebagian orang.

“Berdasarkan hasil penelitian Silcot tahun 2020, diduga risiko penularannya minimal untuk penularan Covid-19 melalui airborne. Jika dengan kondisi adanya pertukaran udara antara dalam dan luar pesawat terbang dengan frekuensi 10-12 kali dalam 1 jam, penyaringan udara menggunakan Hepa filter serta semua orang wajib menggunakan masker selama dipesawat,” jelas Dewi. 

“Kesimpulannya, risiko penularan didalam pesawat terbang diduga rendah, namun harus didukung dengan sirkulasi dan filtrasi udara yang sesuai standar serta wajib menggunakan masker,” sambung dia.

Protokol kesehatan tetap harus dilakukan semaksimal mungkin, mulai dari bandara, didalam pesawat sampai setelah turun dari pesawat. Selain itu, penerbangan sangat padat. Banyaknya calon penumpang meningkatkan risiko kontak erat yang cukup lama dengan orang yang terinfeksi Covid-19 serta sulitnya menjaga jarak aman 1-2 meter.

Dalam libur panjang nanti, sahabat sehat pilih menggunakan transportasi apa? "Kalau saya si pilih dirumah saja, yang paling rendah risikonya. Apapun pilihanmu, stay safe dan stay healthy ya," katanya.

“Penularan Covid-19 ketika di pesawat terbang memang terbilang rendah. Namun, kita harus tetap waspada dan terus gunakan protocol kesehatan. Semoga Indonesia, khususnya di Kabupaten Probolinggo, segera dari yang namanya Virus Corona ini,” tambah Dewi. (*)

 

Pesan Redaksi:

Mari bersama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES