Wisata

DPRD Bondowoso Sebut Tranportasi Wisata KSPN Bisa Angkat Ekonomi Warga

Senin, 26 Oktober 2020 - 19:16 | 57.38k
Salah satu wisata di Kawasan Ijen. Kini bagi warga yang hendak berwisata ke Ijen sudah disediakan transportasi wisata yang disediakan Perum DAMRI dan Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Salah satu wisata di Kawasan Ijen. Kini bagi warga yang hendak berwisata ke Ijen sudah disediakan transportasi wisata yang disediakan Perum DAMRI dan Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Komisi III DPRD Bondowoso, sangat mengapresiasi adanya transportasi wisata Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) rute Jember-Bondowoso-Ijen, yang disediakan oleh Perum DAMRI dan Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub RI). 

Ketua Komisi III, Sutriyono mengatakan, bahwa penyediaan transportasi wisata tersebut, bisa membangkitkan ekonomi warga. Khususnya di tengah pandemi Covid-19.

"Di wilayah Kecamatan Ijen Bondowoso sendiri, terdapat berbagai destinasi wisata, antara lain Kawah Wurung, Lava Blawan, Kalipait, dan Kawah Ijen," katanya, Senin (26/10/2020).

Ia mengimbau, dalam pelaksanaan program pemulihan ekonomi ini, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sehingga jangan sampai terjadi klaster baru. 

Ia juga berterima kasih kepada Perum DAMRI, yang menyediakan transportasi rute Jember-Bondowoso-Ijen.

"Sehingga telah terhubung. Para wisatawan dapat dengan mudah mengunjungi destinasi wisata di wilayah Ijen.  Kemudahan akses itu membuat roda perekonomian warga kembali bergerak," paparnya.

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Bondowoso diminta untuk berperan serta dalam mendukung layanan ini dengan membangun sarana-prasarana. 

Rencananya, dalam mendukung Transportasi Wisata ini, DLHP Bondowoso akan membangun halte di 6 titik. Di antaranya di Museum Kereta Api Bondowoso, Simpang Gardu Atak, Simpang Sumber Gading, Teras Kopi BRI Kluncing, Area Parkir Sempol dan Paltuding.

Pembangunan transportasi wisata KSPN tersebut akan dilakukan pada 2021. Alokasi anggaran pembangunan disusun pada APBD 2021. Dan Komisi III DPRD Bondowoso optimis manfaatnya akan dirasakan warga Kabupaten Bondowoso(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES