Peristiwa Daerah

Aksi Tolak Omnibus Law Jilid III di Banyuwangi Minim Demonstran

Senin, 26 Oktober 2020 - 17:27 | 48.46k
Aksi tolak Omnibus Law Jilid III di depan gedung DPRD Kabupaten Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
Aksi tolak Omnibus Law Jilid III di depan gedung DPRD Kabupaten Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Aksi tolak UU Cipta Kerja atau Omnibus Law jilid III di Kabupaten Banyuwangi tidak seramai sebelumnya. Setelah massa aksi jilid II sebelumnya dipukul mundur karena ricuh, kini hanya tinggal puluhan massa saja yang mengikuti aksi demo, Senin (26/10/2020).

Dalam aksi jilid I pada Senin (12/10/2020) lalu, setidaknya ada ribuan massa yang terlibat. Pada jilid II, Kamis (22/10/2020) terjadi penurunan massa yang hanya berjumlah ratusan. Dalam aksi ketiga ini, kurang lebih hanya menyisakan 90 orang demonstran saja.

Dalam aksi kali ini, massa hanya memusatkan konsentrasinya di depan gedung DPRD setempat. Massa hanya membawa poster penolakan UU Cipta Kerja dan melakukan orasi. Tidak ada aksi bakar ban dan pelemparan batu atau pengerusakan seperti aksi sebelumnya.

Untuk peserta aksi, masih diikuti oleh sejumlah aktivis organisasi pergerakan mahasiswa dan pelajar. Bedanya, demo kali ini tidak lagi ada fenomena pria bertato yang mirip preman seperti terlibat dalam dua aksi sebelumnya.

Aksi pun berlangsung singkat. Hanya sekitar 1 jam saja. Sebagian massa, memutuskan menarik diri sekitar pukul 15.00 WIB. Namun demikian, beberapa perwakilan mahasiswa dipersilahkan masuk di gedung DPRD Banyuwangi untuk secara langsung menyalurkan aspirasinya.

Polisi yang bertugas melakukan pengamanan pun sudah siap dilokasi. Untuk mengantisipasi kericuhan, sejumlah tindakan preventif pun juga dilakukan. Dari menyisir setiap peserta aksi yang dicurigai membawa petasan atau batu. Hingga memulangkan pelajar di bawah umur yang ikut terlibat aksi.

Hingga berita ini ditulis, sejumlah polisi masih nampak berjaga di sekitar gedung DPRD Banyuwangi. Guna mengantisipasi gelombang massa aksi tolak UU Cipta Kerja atau Omnibus Law susulan di Kabupaten Banyuwangi, serta meminimalisir potensi kericuhan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES