Peristiwa Nasional

Staf Ahli Kemenkes RI Sebut Harga Vaksin Covid-19 Tak Lebih Rp200 Ribu

Senin, 26 Oktober 2020 - 14:20 | 46.21k
Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Kemenkes RI, Achmad Yurianto (foto: BNPB RI)
Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Kemenkes RI, Achmad Yurianto (foto: BNPB RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAVaksin Covid-19 mulai tersedia di Indonesia mulai November 2020. Vaksin ini nantinya akan disiapkan untuk vaksinasi yang diberikan gratis dan ada juga yang mandiri. 

Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi, Achmad Yurianto memperkirakan harga vaksin Covid-19 ini sekitar ratusan ribu rupiah. Hal itu akan diseseuaikan dengan perhitungan. 

"Mungkin kita hitung nggak akan lebih dari Rp 200 ribu. Perkiraan kita, tapi masih dihitung," ujar Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Kemenkes RI, Achmad Yurianto kepada CNBC Indonesia, Senin (26/10/2020).

Yuri menekankan pemberian vaksin Covid-19 ini bukan satu-satunya pencegahan tertular Covid-19. Vaksin ini juga harus diperketat dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Primary prevention tak boleh diabaikan. Bukan berarti sudah disuntik selamat tinggal masker, tidak. Kalau Desember vaksin saja, baru 1,5 juta, yang lain belum. Kalau seluruh Indonesia sudah, belum tentu tetangga sudah. Ya harus tetap, bagaimana primary prevention dengan kepatuhan kita tidak dihapuskan," jelasnya. 

Pemberian vaksin Covid-19 ini masih menanti arahan BPOM terkait emergency use of authorization dan sisi halal dari MUI. Hal ini dilakukan demi memastikan keamanan, kehalalan, dan efektivitas vaksin Covid-19.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES