Olahraga

Pernah Jadi Penggemar Conor McGregor, Berikut Beberapa Fakta Menarik Khabib Nurmagomedov

Senin, 26 Oktober 2020 - 11:07 | 143.27k
Khabib Nurmagomedov. (FOTO: Ig Khabib Nurmagomedov)
Khabib Nurmagomedov. (FOTO: Ig Khabib Nurmagomedov)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kabar petarung MMA sekaligus pemegang rekor tak terkalahkan di kelas ringan (Lightweight) UFC, Khabib Nurmagomedov, yang memutuskan pensiun setelah mengalahkan Justin Gaethje di perhelatan UFC 254 terus menjadi perbincangan.

Di balik sosoknya yang perkasa di dlam ring, ada beberapa hal yang tak diketahui publik mengenai atlet berjuluk The Eagle, tersebut. Berikut fakta menariknya.

1. Sosok yang Taat Kepada Orang Tua

Keputusan Khabib untuk pensiun tak lepas dari kondisi pasca ayahnya meninggal dan janji kepada ibunya. Ia mengatakan, pertandingan terakhirnya melawan Gaethje, ibunya tidak menyetujui jika Khabib bertanding tanpa ada sosok ayah disisinya. Akhirnya ia mendapatkan izin dari ibunya dan berjanji bahwa pertandingan melawan Gaethje adalah pertandingan terakhirnya di UFC, yang sekaligus mengakhiri karirnya di MMA.

2. Sarjana Ekonomi dan Menguasai 5 Bahasa

Khabib Nurmagomedov merupakan sarjana ekonomi lulusan Sekolah Tinggi Ekonomi dan Keuangan Makhachkala dan Universitas Ekonomi Plekhanov. Ia juga menguasai 5 bahasa, yakni bahasa Kumyk, Avar, Rusia, Turki, dan Inggris.

3. Atlet Rusia yang Terkenal

Khabib merupakan atlet asal Rusia yang terkenal, jumlah pengikutnya di Instagram pada akhir Oktober 2020 mencapai lebih dari 23 juta follower. Ia juga terkenal karena mengalahkan Conor McGregor pada tahun 2018 silam, pada perhelatan UFC 229.

4. Penggemar Conor McGregor

Pada tahun 2014, Khabib Nurmagomedov sempat menjadi penggemar McGregor, ia kedapatan bersikap seperti fans dan mengambil foto McGregor yang saat itu memenangkan UFC 178 di kelas featherweight. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang membuat Khabib dan McGregor menjadi rival.

Itu setelah, Khabib Nurmagomedov berhasil mempertahankan gelar juara kelas ringan UFC yang disandangnya sejak 2018, saat berhasil mengalahkan Conor McGregor dalam perhelatan UFC 229.

5. Orang yang Religius

Khabib dikenal sebagai petarung muslim pertama. Dalam beberapa kesempatan, ia menunjukkan sisi religiusnya di depan publik, seperti saat menolak pemberian whisky dari McGregor, beribadah di Masjidil Haram dan berpenampilan sederhana.

6  Belajar Bela Diri Sejak Kecil

Saat umur 6 tahun, Khabib sudah diajari bela diri oleh ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov. Ia juga ahli pada beberapa disiplin bela diri, seperti judo, combat sambo, pankration, grappling, dan Greco-Roman wrestling. Dan keahlian dan pengetahuannya itu membuatnya sukses di MMA.

7. Sangat Menyukai Sepak Bola

Sejak kecil, Khabib sangat menyukai sepak bola. Ia merupakan fans dari klub Real Madrid dan mempunyai hubungan baik dengan pemain papan atas. Salah satunya yakni bintang Portugal, Cristiano Ronaldo.

8. Jajaran Atlet Kaya

Diketahui, kekayaan juara dunia MMA Kelas Ringan itu pada tahun 2020 sebesar USD 30 juta atau setara Rp 441 miliar (kurs USD 1 = Rp 14.700). Pendapatan itu dikumpulkan sejak mengawali debut sebagai petarung MMA profesional pada tahun 2008.

Pada pertandingan 2019 melawan Dustin Poirer, Khabib Nurmagomedov berhasil menang dan mendapatkan hadiah USD 6 juta. Dikutip dari Express.co.uk, penghasilan atau kekayaan Khabib dipastikan bertambah besar usai mengalahkan Geathje pada tahun 2020 ini, karena dijanjikan mengantongi pendapatan USD 10 juta. (*)

Ekoran-Edisi-Senin-26-Oktoberr-2020-Sosok-Khabib-Petarung-MMA.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES