Wisata

Sawahrojo.com, Kolaborasi Petani Milenial dan Pemkot Batu Pecahkan Masalah Pertanian

Minggu, 25 Oktober 2020 - 18:24 | 143.55k
Lokasi lahan Sawahrojo yang menjadi Art Farming di Kota Batu. (Foto: dok. Sawahrojo.com)
Lokasi lahan Sawahrojo yang menjadi Art Farming di Kota Batu. (Foto: dok. Sawahrojo.com)

TIMESINDONESIA, BATU – Masalah pertanian memang cukup kompleks, tak hanya masalah harga tapi juga alih fungsi lahan dan juga regenerasi petani. Melalui Sawahrojo.com, petani milenial kota Batu bersama Pemkot Batu berkolaborasi mengembangkan Art Farming.

Art Farming yakni konsep pertanian dengan sistem sewa lahan petani Batu, lahan pertanian akan dikelolah oleh petani setempat hingga panen. Hasil panen sepenuhnya akan dikirim ke penyewa lahan.

Sawahrojo-2.jpg

Founder Sawahrojo.com, Andi mengatakan Konsep ini bukan termasuk konsep investasi akan tetapi konsep edukasi dan transfer knowledge Letak Sawahrejo sendiri berada di belakang Among Tani kota Batu.

"Kami menginisiasi bagaimana petani itu terlepas dari 5 problem, problem pertama saat panen harganya anjlok, yang kedua tidak akses langsung, yang ketiga minimnya teknologi, yang keempat tidak ada petani penerus, problem kelima alif fungsi lahan," ujar Andi.

Jika destinasi lain di kota Batu adalah sistem tiketing, di Sawah Rojo sendiri sistemnya adalah sewa lahan. Siapapun bisa menyewa lahan di Sawahrejo untuk dijadikan edukasi bagi masyarakat dikota Batu sendiri maupun masyarakat kota lain.

Sawahrojo-3.jpg

"Jadi sistemnya membership, hasil panen akan diberikan 100 persen kepada mamber. Jadi member akan terjamin stok bahan pangannya," ungapnya

Lahan yang akan disewakan sendiri mulai 50 meter persegi hingga 100 meter persegi. Harga sewanya pun mulai Rp 3 jt rupiah selama 3 bulan.

"Manfaatnya petani mendapatkan kepastian harga. Karena petani biasanya kalau panen bingung berapa ini harga panennya," jelas Andi. 

Dari konsep Art Farming Sawahrojo.com dan Pemkot Batu ingin agar petani bisa berdaya berdaulat serta memiliki kepastian harga. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES