Peristiwa Daerah

Sambut Hari Sumpah Pemuda, Komunitas di Banyuwangi Gelar Kegiatan Camping

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:57 | 97.58k
Kegiatan camping pemuda di Banyuwangi dalam menyambut peringatan hari Sumpah Pemuda. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
Kegiatan camping pemuda di Banyuwangi dalam menyambut peringatan hari Sumpah Pemuda. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Untuk menyambut hari Sumpah Pemuda ke-92 yang jatuh di masa pandemi Covid-19 pada akhir bulan Oktober ini, komunitas pemuda di Banyuwangi ini menggelar kegiatan camping dengan mendirikan 28 tenda.

Camping ini diikuti oleh 112 pemuda Banyuwangi. Dengan mempersembahkan tema 28 tenda untuk Indonesia. Yakni sebagai bentuk peringatan hari Sumpah Pemuda yang ditetapkan setiap tanggal 28 Oktober sejak tahun 1928 silam.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Semut Gunung Indonesia, yang merupakan komunitas pemuda  pegiat kelestarian alam. Berkolaborasi dengan berbagai komunitas kepemudaan di wilayah Banyuwangi.

Diantaranya, komunitas Super Adventure Banyuwangi, Lensa Community, Scout Community, Kriss Outdor, Sunetnic, Gecko Adventure, Bold Riders Banyuwangi,Semut Gunung Kopi, ANTS Studio and Adventure dan komunitas Banyuwangi Adventure.

Kegiatan-camping-pemuda-2.jpg

"Ada beberapa rangkaian kegiatan nanti. Misalnya saja, kegiatan sharing-sharing antar komunitas pemuda Banyuwangi, kemudian ditutup dengan upacara menyambut peringatan sumpah pemuda dan bhakti sosial," kata Deby Nendi Setiawan, Ketua umum Semut Gunung Indonesia, Sabtu sore (25/10/2020).

Tidak hanya untuk jangka pendek, dari kegiatan ini diharapkan akan memiliki keberlanjutan nantinya. Dengan tujuan, mengembangkan SDM para peserta. Didalam kegiatan ini, juga memungkinkan para peserta bertukar pengalaman. Sehingga mampu membangun koneksi dan membangkitkan semangat enterpreneur.

Salah satu alasan yang mendorong kegiatan ini adalah harapan kebebasan dari perbudakan dunia moderen. Misalnya saja, pemuda saat ini jarang sekali terlibat aktif dalam kegiatan sosial. Mereka justru asik mengunci diri dengan aktifitas dunia maya lewat smartphone mereka.

"Harapannya komunitas kepemudaan seperti ini bisa lebih maju lagi, merangsang tumbuh jiwa-jiwa kepemudaan yang peka terhadap sekitar," katanya.

Camping pemuda ini, adalah kali kedua digelar. Dalam peringatan Sumpah Pemuda sebelumnya, kegiatan ini digeber di taman Galuh desa Giri Mulyo, Kabupaten Bondowoso.

"Peringatan hari Sumpah Pemuda pada tahun 2019 di Bondowoso, tahun 2020 ini kita gelar di Banyuwangi. Tepatnya di dusun Gunung Remuk, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro. Selain tempat ini pas, juga berpotensi sebagai destinasi wisata baru di Banyuwangi," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES