Peristiwa Daerah

Muslimat Kabupaten Blitar Netral di Pilbup Blitar

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:37 | 123.58k
Pengurus PC Muslimat Kabupaten Blitar foto bersama usai rapat konsolidasi, Minggu (25/10/2020). (FOTO: Zaenal/TIMES Indonesia)
Pengurus PC Muslimat Kabupaten Blitar foto bersama usai rapat konsolidasi, Minggu (25/10/2020). (FOTO: Zaenal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Ketua Pengurus Cabang Muslimat Kabupaten Blitar Hj. Masluchi Syaifulloh menegaskan bahwa Muslimat bersikap netral dalam Pilbup Blitar 2020. Oleh karena itu, pihaknya menyayangkan adanya penyantuman logo Muslimat oleh salah satu kandidat Pilkada Kabupaten Blitar 2020.

Menurutnya, jauh hari sebelum gambar tersebut beredar pihaknya sudah membuat surat edaran berdasarkan intruksi PW NU dengan nomor 553/A/PCM NU/lX/2020 tentang sikap Muslimat di Pilkada Kabupaten Blitar 2020.

"Dalam isi surat tersebut sudah dijelaskan dengan jelas kalau Muslimat netral. Bahkan, Muslimat tidak menunjuk pengurus Muslimat untuk menjadi tim sukses dan juru kampanye," katanya, Minggu (25/10/2020).

Hj. Masluchi mengemukakan, apabila pengurus Muslimat menjadi juru kampanye atau Tim sukses Pasangan Calon (Paslon) Pilkada. maka harus mengajukan surat non aktif sebagai pengurus.

"Kami sangat menyayangkan pencantuman logo Muslimat untuk kepentingan politik. Seharusnya tim sukses dapat bersikap dewasa dan tidak asal tempel logo organisasi," urainya

Lebih lanjut Hj. Masluchi mengatakan, secara organisasi pihaknya mendukung suksesnya pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Blitar. Namun, secara organisasi pihaknya tidak terlibat dukung mendukung politik praktis pilkada alias netral secara organisasi.

"Sikap Muslimat netral, karena secara kelembagaan Muslimat adalah organisasi masyarakat dan bukan organisasi politik," ucapannya.

Selain itu pihaknya juga mewarning kepada seluruh Paslon dan tim sukses untuk tidak  menyantumkan logo Muslimat untuk kepentingan politik praktis. Karena hal itu merusak citra Muslimat sebagai organisasi netral.

"Ini warning bagi seluruh Paslon Pilkada, termasuk tim suksesnya. Jangan sekali-kali mencatut logo Muslimat untuk kepentingan politik praktis," tegasnya.

Sebelumnya, beredar gambar Paslon Pilbup Blitar Rini Syarifah dengan Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Gambar tersebut bertuliskan Srikandi Blitar penantang incumbent dalam Pilbup Blitar. Dalam gambar dicantumkan logo Muslimat, Fatayat dan partai pendukung pasangan Rini Syarifah dan Rahmat Santoso. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES