Peristiwa Daerah

Jelang Libur Panjang, Daop 3 Cirebon Operasikan 53 KA

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 21:16 | 67.60k
PT KAI Daop 3 tambahkan 53 KAI ke berbagai wilayah di Pulau Jawa antisipasi libur panjang. (Foto: Dokumentasi Humas PT KAI Daop 3 Kota Cirebon)
PT KAI Daop 3 tambahkan 53 KAI ke berbagai wilayah di Pulau Jawa antisipasi libur panjang. (Foto: Dokumentasi Humas PT KAI Daop 3 Kota Cirebon)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Pada masa libur panjang dan cuti bersama akhir pekan nanti, PT KAI Daop 3 Cirebon mengoperasikan 53 KA penumpang jarak jauh  ke berbagai wilayah di Pulau Jawa. 

Peningkatan jumlah perjalanan KA ini secara otomatis menambah jumlah tempat duduk yang disediakan. Jumlah tempat duduk KA Jarak Jauh pada long weekend sebanyak 221.193 tempat duduk, naik 13 persen dibanding masa sebelumnya  sebanyak 195.211 tempat duduk.

"Penambahan perjalanan KA ini merupakan upaya KAI untuk memenuhi permintaan masyarakat yang ingin menikmati libur panjang pada akhir bulan Oktober ini," kata Luqman Arif selaku Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Sabtu (24/10/2020).

PT KAI Daop 3 tambahkan 53 KAI b

Tiket KA Long Weekend libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober sudah dapat dipesan mulai H-14 di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan juga seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. Penumpang akan mendapatkan Railpoint dari setiap pembelian tiket KA Jarak Jauh dengan melakukan registrasi pada aplikasi KAI Access versi terbaru.

Selain itu, dengan melakukan transaksi tiket KA di aplikasi KAI Access, pelanggan dapat langsung memesan Taksi Bluebird untuk melanjutkan perjalanan dari stasiun kedatangan ke tujuan akhir secara praktis.

Adapun beberapa KA favorit masyarakat yang dapat dipesan di masa Long Weekend diantaranya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi - Gambir pp, KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng - Jakarta Kota pp, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen pp, KA Tegal Ekspres relasi Tegal – Pasar Senen, KA Argo Dwipangga relasi Gambir – Solo  balapan PP dan berbagai KA lainnya.

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan, KAI menyediakan layanan rapid test di 30 stasiun. Yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Tegal, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Blitar, Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang, Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau.

Penyediaan layanan rapid test di tiap stasiun bertujuan untuk memudahkan pelanggan sehingga tidak perlu mencari tempat rapid test di luar. Sejak dibuka, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan tersebut sudah mencapai lebih dari 190 ribu pelanggan.

Konsistensi KAI dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kereta api telah diakui dengan diperolehnya Safe Guard Label SIBV.

Safe Guard Label SIBV ini telah mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli dan auditor Bureau Veritas, international best practices, World Health Organization (WHO), regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Masyarakat tidak perlu ragu lagi dalam menggunakan berbagai layanan KAI, karena KAI telah dispilin dalam menerapkan protokol kesehatan. Ia berharap minat masyarakat untuk menggunakan kereta api kembali seperti sebelum adanya pandemi," tambah Luqman.

Untuk informasi terkait perjalanan KA pada masa Long Weekend, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, email [email protected], dan media sosial KAI 121.

"Perjalanan KA libur panjang ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak," kata Luqman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES