Ekonomi

Bupati Morotai Minta UMKM Manfaatkan KUR, Jangan Pinjam Uang di Rentenir

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 20:54 | 84.95k
Bupati Pulau Morotai Maluku Utara Benny Laos. (Foto: Abdul H Husain/TIMES Indonesia)
Bupati Pulau Morotai Maluku Utara Benny Laos. (Foto: Abdul H Husain/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Bupati Kabupaten Pulau Morotai (Bupati Morotai), Maluku Utara Benny Laos berharap para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam meningkatkan usahanya jangan meminjam uang di rentenir, karena bunganya sangat tinggi dan hanya menyusahkan para pelaku usaha.

Bupati sarankan, para pelaku usaha manfaatkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang telah disiapkan pemerintah dengan agunan yang sangat terjangkau. Program itu melekat di Bank BRI, BNI dan BNI Syariah. Hal tersebut disampaikan saat secara virtual menyerahkan bantuan PUM secara simbolis, Sabtu (24/10/2020) sore.

"Saya minta tolong bagi para UKM jangan sekali-kali melakukan pinjaman di rentenir, hari ini akses permodalan telah di fasilitasi oleh Pemda dan Perbankan melalui KUR," pintanya.

"Saya minta tolong, dari kaki sampai kepala jangan pernah pinjam di rentenir, rentenir itu Linta Darah nanti lama-lama darah kalian yang habis, bunganya terlalu besar," ucapnya.

Bupati mengatakan, sudah siapkan fasilitas KUR yang bebas jaminannya sampai Rp.50.000.000..

"Jadi tolong manfaatkan pinjaman itu, ada di tiga Bank yakni BRI, BNI dan BNI Syariah dan mereka sebentar lagi sudah berkantor di CBD, tolong manfaatkan itu kalau ada rentenir yang datang usir mereka," imbuhnya.

Orang nomor satu di Pulau Morotai ini juga bermohon agar para UKM jangan terpengaruh dengan mereka (rentenir-red) nanti Bank akan bersama-sama kita, koordinasikan dengan pak Sakir untuk bantuan permodalan kalau memang dibutuhkan tambahan.

"Terakhir saya berharap bapak ibu saling menjaga, saling kontrol karena bapak ibu merupakan pondasi ekonomi di Morotai dan jangan lupa rajin beribadah, rajin berdo'a karena Rahmat dan berkat itu semuanya dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES