Pemerintahan

Kemnaker RI dan Kemendes PDTT RI Serahkan Program JPS Infrastruktur MCK di Tuban

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 19:52 | 78.26k
Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar saat kunjungan kerja Di Kabupaten Tuban (24/10/2020). (Foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)
Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar saat kunjungan kerja Di Kabupaten Tuban (24/10/2020). (Foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Kementerian Tenaga Kerja RI (Kemnaker RI) dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (Kemendes PDTT RI) melakukan kunjungan ke Desa Pandanagung, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Sabtu (24/10/2020).

Kunjungan tersebut dilakukan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar. 

Kedatangan dua menteri Kemnaker dan Kemendes untuk menyerahan bantuan progam Jaringan Pengaman Sosial (JPS) padat karya sanitasi lingkungan kerjasama dari kemnaker ke kemendes PDTT. 

Ida Fauziyah b

Kemnaker RI, Ida Fauziyah menjelaskan bahwa dimasa pandemi Covid-19 selain progam kartu Prakerja dengan alokasi Rp 20 triliun. Pemerintah pusat juga telah anggarkan Rp 500 miliar terhadap alokasi pekerja formal dan informal yang saat ini membutuhkan kehadiran pemerintah. 

"Ada alokasi Rp 500 miliar lewat JPS progam padat karya baik infrastruktur atau padat karya produktif. Hari ini kami serahkan padat karya produktif sanitasi lingkungan dan air untuk masyarakat desa," ungkapnya

Selain bantuan padat karya produktif, dalam kunjungan kerja, Ida Fauziyah juga menyerahkan simbolis bantuan JPS untuk masyarakat desa perwakilan Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan dan Kabupten Gresik, Jawa Timur, agar tepat sasaran. 

"Kalau data 74 ribu desa akan tetapi yang kami bantu adalah desa-desa yang membutuhkan sanitasi lingkungan agar lingkungan semakin sehat," imbuh Menaker Ida dalam sambutannya. 

Ida Fauziyah c

Kemudian kegiatan dilanjutkan peletakan baru pertama pembangunan sanitasi sarana air bersih dan MCK (mandi, cuci, kakus) di desa setempat oleh Menaker dan Mendes dan wakil bupati Tuban, Noor Nahar Hussain

Sementara itu, Kemendes PDTT, Abdul Halim Iskandar mengapresiasi dan bersyukur dalam kesempatan bahagia kepada Ibu menteri tenagakerjaan atas diberikannya JPS untuk desa-desa wilayah Indonesia. 

"Lebih banyak lebih bagus. Saya siap mendampingi bu ida kemanapun. Karena yang diuntungkan kami. Desa lebih cepat sejahtera," tutup Gus Halim yang diiringi tepuk tangan peserta. 

Pantauan di lapangan hadir penyerahan JPS padat karya sanitasi lingkungan di kecamatan Soko Tuban, Kemnaker RI bersama rombongan Sekjen dan Ditjennaker RI, Wakil Bupati Tuban, Ir Noor Mahar Hussain dan Ketua DPRD Tuban, M Miyadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES