Pemerintahan

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Pemkab Gunungkidul Gagas Gerakan Sajisaka

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 19:36 | 40.98k
Bupati Gunungkidul, Badingah saat meluncurkan Sajisaka. (FOTO: Humas Pemkab Gunungkidul for TIMES Indonesia)
Bupati Gunungkidul, Badingah saat meluncurkan Sajisaka. (FOTO: Humas Pemkab Gunungkidul for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GUNUNGKIDUL – Bupati Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta, Badingah meluncurkan gerakan sedekah buku Sajisaka atau Satu Jiwa Satu Pustaka baru baru ini di Rumah Dinas Bupati Gunungkidul. Gerakan Sajisaka ini digagas oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip daerah Kabupaten Gunungkidul tujuannya yakni untuk memenuhi kebutuhan buku di ruang ruang publik guna meningkatkan minat baca masyarakat

"Gerakan sedekah buku satu jiwa satu pustaka ini secara masif terus dilakukan baik dengan mendatangi langsung pemberi atau penerima hibah sekaligus sosialisasi minat baca masyarakat gunungkidul. Selain itu gerakan ini untuk memenuhi kebutuhan buku di ruang-ruang publik yang dikelola oleh masyarakat yang tujuan utamanya untuk mendekatkan pustaka kepada pembaca," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Gunungkidul, Ali Ridho, Sabtu (24/10/2020). 

Semua lapisan masyarakat bisa berpartisipasi dalam gerakan ini mulai dari perseorangan,  BUMN, Dinas Instansi, pegiat literasi dan sebagainya. Oleh karenanya untuk memudahkan masyarakat berdonasi buku pihaknya telah menyiapkan sebanyak 5 lokasi yakni kantor sekretariat daerah, kantor dinas penanaman  modal dan pelayan terpadu, kantor dinas perpustakaan dan arsip daerah, Bank BPD DIY Wonosari,  dan Kantor Pemerintah Desa Pengkol  Kecamatan Nglipar. 

Sementara itu Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan budaya literasi salah satu manfaatnya meningkatkan kesejahteraan oleh karena itu orang nomor satu di Bumi Handayani ini berharap dukungan penuh masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam gerakan Sajisaka ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES