Peristiwa Daerah

Hari Ini, Sarmi Papua dan Luwu Timur Sulsel Diguncang Gempa Tektonik

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 18:47 | 45.19k
Ilustrasi gempa bumi. (dok/TI)
Ilustrasi gempa bumi. (dok/TI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari ini dua wilayah Indonesia, Luwu Timur (Sulawesi Selatan) dan Sarmi (Papua) diguncang gempa tektonik masing-masing pada pukul 14.03 dan 15.21.

Laman resmi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) menyebutkan gempa di Luwu Timur berpusat pada titik 2.47  Lintang Selatan dan 121.34 Bujur Timur.

Gempa berkekuatan 3.3 SR itu berada di darat 22 km Timur Laut Luwu Timur pada kedalaman 2 km.

Sedangkan gempa di Sarmi episentrumnya di darat pada titik 1.91 Lintang Selatan dan 138.42 Bujur Timur dengan kedalaman 10 km. Kekuatan gempa mencapai 5 SR.

BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Postingan infobmkg di instagramnya juga menyatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=4,9.

Memperhatikan lokasi episentrum dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi ini jenis gempa bumi dangkal akibat adanya sesar lokal.

Karena itu guncangan gempa dirasakan di daerah Sarmi II-III MMI. Kepada masyarakat diimbau  agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Hingga kini belum ada laporan yang masuk sebagai dampak yang ditimbulkan gempa tektonik baik dari wilayah Sarmi, Papua maupun di Luwu Timur, Sulawesi Selatan. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES