Pendidikan

Webinar Refleksi Peta Politik di Indonesia, Ini Tanggapan Rektor UIN Maliki Malang

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 18:03 | 57.97k
Suasana webinar di ruang rektorat UIN Maliki Malang dengan aturan protokol kesehatan. (Foto: Chatelia Noer Cholby/TIMES Indonesia)
Suasana webinar di ruang rektorat UIN Maliki Malang dengan aturan protokol kesehatan. (Foto: Chatelia Noer Cholby/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Penyambutan Dies Maulidiyah UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki Malang) ke-59 semakin terasa euforianya. Salah satunya, DEMA UIN Maliki Malang yang menyelenggarakan webinar kebangsaan sosial, hukum, dan politik pada Sabtu (24/10/2020). Kali ini tema yang dibawakan bertajuk "Refleksi Peta Politik di Indonesia".

Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H. Abdul Haris, M.Ag juga turut hadir dalam seminar tersebut. Orang nomor satu di UIN Maliki Malang tersebut merasa tertarik dengan tema yang diangkat oleh mahasiswanya.

"Saya baru saja melihat arti politik, ternyata amat erat kaitannya dengan bagaimana memperoleh kekuasaan dan menggunakannya untuk kebaikan," terangnya

Ketika berbicara politik dan berhubungan dengan kepemimpinan, Haris pun teringat pada satu kaidah terkait idealis seluruh pemimpin yang baik.

"Penggunaan kekuasaan atau kewenangan dari seorang pemimpin terhadap orang yang dipimpin atau rakyat, seharusnya ditujukan untuk kemaslahatan," tuturnya

Haris menambahkan arti pentingnya politik dan kemaslahatan, tidak lagi dibatasi oleh waktu, tempat, agama, etnis, bangsa, dan sebagainya.

"Siapa pun kemudian yang menggunakan kekuasaannya untuk kepentingan bersama. Hal tersebut lah sejatinya yang harus dimiliki dari diri seorang pemimpin," tegasnya

Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H. Abdul Haris, M.Ag mengartikan politik sebagai kepentingan bangsa, negara, perdamaian, kerukunan.

"Dan untuk kepentingan ukhuwah, yakni ukhuwah kebangsaan dan kemanusiaan," sambung Rektor UIN Maliki Malang pada akhir sambutan acara seminar tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES