Peristiwa Daerah

Konferwil 2 AMSI Jatim, 2 Bupati di Jatim Sebut Media Berperan Penting dalam Branding Daerah

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 18:10 | 50.70k
Suasana Seminar Nasional Konferwil 2 AMSI Jatim di Batu, Sabtu (24/10/2020). (Foto: Adhitya/TIMES Indonesia)
Suasana Seminar Nasional Konferwil 2 AMSI Jatim di Batu, Sabtu (24/10/2020). (Foto: Adhitya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Dalam Konferwil AMSI Jatim di Batu, beberpa kepala daerah menyatakan jika media memiliki peranan yang sangat penting bagi pemeritah daerah. Bukan hanya sekedar kritik, akan tetapi media mampu menbantu dalam branding daerah.

Seperti hal 2 Kabupaten Jawa Timur yang mulai dilirik banyak orang yakni kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Trenggalek. Hal tersebut tentu tak lepas dari peran media.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan branding daerah saja tak cukup untuk memajukan daerahnya akan tetapi perlu pula partisipasi masyarakat untuk menggerakkan program daerah.

"Maka ini bagaimana media siber untuk bagaimana menggerakkan partisipasi warga agar bisa tumbuh," ujar Azwar dalam Seminar Nasional dalam rangka Konferwil 2 AMSI Jatim, Sabtu (24/10/2020).

Sehingga, tentunya partisipasi warga dalam mendukung program pemerintah daerah itu untuk kesejahteraan warga sendiri.

Dalam Seminar dengan tema Kolaborasi Pemerintah Daerah dengan Media Siber itu, Azwar mencontkan salah satu kebijakan misal Banyuwangi tak izinkan hotel budget berdiri di Banyuwangi melainkan mendorong masyarakat untuk mendirikan homestay. Dengan mendorong kebijakan tersebut, income  Banyuwangi pun telah mencapai 50,81 juta.

"Alhamdulillah dengan berkolaborasi bersama media angka kemiskinan kami menurun dari 20,5 persen menjadi 7,4 persen, begitu juga pendapatan pendapatan perkapitan kami melonjak dari 20 juta menjadi 80 juta perorang pertahu," ungkapnya.

Banyuwangi juga telah meraih peringkat pertama indeks inovasi daerah. Tentunya keberhasilan Kabupaten Banyuwangi itu tak lepas dari peran penting media.

Sementara itu, Bupati Trenggalek, Muhammad Nur Arifin mengatakan, Di Trenggalek sendiri banyak yang bisa potensi-potensi yang menjadi keistimewaan seperti teluk terluas di Pulau Jawa. 

"Itu sesuatu yang luar biasa bagaimana media siber tidak menulis sesuatu propaganda tetapi suatu yang natural sehingga itu bisa menjadi sebuah kemajuan disuatu daerah," Ujar Arifin.

Trenggalek sendiri merupakan jalur selatan yang sangat strategis yakni diantara Jogjakarta dan Malang. Tentu hal tersebut juga menjadikan Trenggalek menjadi Kabupaten yang bisa dikembangkan tentunya dengan bantuan.

Seminar Nasional Konferwil AMSI sendiri diikuti oleh seluruh Media Online yang tergabung dalam AMSI di Seluruh Indonesia. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES