Peristiwa Daerah

Launching Mobil PCR, Bupati Magetan: Hasilnya Keluar Lebih Cepat

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 17:18 | 74.00k
Bupati Magetan, Suprawoto saat melaunching mobil container PCR di Pendopo Surya Graha, Sabtu (24/10/2020). (FOTO: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)
Bupati Magetan, Suprawoto saat melaunching mobil container PCR di Pendopo Surya Graha, Sabtu (24/10/2020). (FOTO: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Mobil container polymerase chain reaction (PCR) milik pemerintah daerah akhirnya dilaunching oleh Bupati Magetan Suprawoto di Pendopo Surya Graha, Sabtu (24/10/2020). Kendaraan tersebut dibeli Pemkab Magetan seharga Rp 3,8 miliar untuk mempercepat penanganan virus corona atau Covid-19 yang kini tengah mewabah.

"Kalau kirim sampel ke laboratorium di Surabaya perlu empat sampai lima hari untuk mengetahui hasil swab test. Namun, dengan adanya mobil PCR ini cukup sekitar 4 jam hasilnya sudah keluar, jadi prosesnya lebih cepat," ujar bupati.

Suprawoto 2

Menariknya, alat laboratorium yang ada di dalam mobil container itu memiliki banyak fungsi. Sehingga tidak hanya untuk memeriksa Covid-19 saja, melainkan beberapa jenis virus lainnya. Atas dasar itu, Pemkab Magetan membeli mobil PCR dengan harga hampir empat miliar rupiah.

"Anggarannya dari APBD murni yang refocusing kemarin. Jika pandemi Covid-19 sudah hilang, mobil itu bisa digunakan untuk memeriksa TBC dan virus lainnya. Jadi tidak hanya sekali pakai," jelas Suprawoto.

Suprawoto 3

Sebelumnya, mobil container polymerase chain reaction (PCR) milik Pemkab Magetan tersebut tiba di daerah setempat pada Minggu sore (18/10/2020). Rencananya laboratorium di dalam mobil container itu akan segera dioperasikan pada beberapa hari ke depan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES