Peristiwa Daerah

Bertemu Ketua DPD RI, Pengusaha Rokok di Malang Keluhkan Peredaran Rokok Ilegal

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 12:46 | 69.97k
Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti saat mengunjungi pabrik rokok di Malang bersama Tusi Kaman dan Priyo Sudibyo. (Foto: DPD RI)
Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti saat mengunjungi pabrik rokok di Malang bersama Tusi Kaman dan Priyo Sudibyo. (Foto: DPD RI)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti melakukan serangkaian reses, bertemu dengan para pengusaha rokok di Kabupaten Malang dan Kota Malang, Sabtu (24/10/2020).

Saat bertemu dengan para pengusaha, La Nyalla Mattalitti disambati oleh Pengusaha Rokok terkait maraknya peredaran rokok Ilegal dan tingginya kenaikan harga cukai.

Direktur Utama PT Gandum Tusin Kaman berharap LaNyalla bisa membantu keberlangsungan industri rokok dalam negeri. 

"Karena ada beberapa aturan pemerintah yang dinilai cukup memberatkan, di antaranya rencana kenaikan Cukai Hasil Tembakau (CHT) yang cukup tinggi di tahun 2021, yaitu sekitar 13 persen hingga 20 persen," ujarnya melalui rilis yang diterima oleh TIMES Indonesia. 

Rencana ini kata dia, seiring dengan peningkatan target penerimaan CHT sebesar Rp 172,75 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021. Naik 4,7 persen dari target APBNP 2020 yang sebesar Rp 164,94 triliun.

Selain itu, Tusin juga mengaku, dengan tingginya cukai rokok yang ditetapkan, maka peredaran rokok ilegal menjadi semakin tinggi. 

Dan ini lanjut dia, sangat menyulitkan bagi industri rokok legal. Pasar semakin tergencet akibat pertarungan harga di tingkat konsumen. 

“Rokok ilegal sangat berpengaruh. Harus ada sistem yang baik untuk menertibkan. Dan harapan kami, kenaikan cukai ini tidak di atas 10 persen, ini sangat berisiko sekali. Karena faktornya bukan ini saja, di petani tembakau juga terkena imbas,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti mengatakan kunjungan ini adalah pemenuhan janjinya setelah terpilih sebagai senator.

“Alhamdulillah pada tanggal 1 Oktober 2019 saya terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia. Dulu saya pernah berjanji bahwa saya akan kembali ke sini lagi ketika saya telah terpilih sebagai ketua DPD RI. Sekarang saya tunaikan janji saya," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti juga meninjau pelaksanaan protokol Kesehatan Pabrik Rokok di Malang tersebut, didampingi Ketua Kadin Kabupaten Malang Priyo Sudibyo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES