Peristiwa Nasional 3M Lawan Covid

Dukung Pasien Positif Covid-19, PMI Kota Cirebon Berikan 7 Tips Ini

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 09:55 | 67.61k
Kepala Markas PMI Kota Cirebon Atikah (Foto : Ayu Lestari / TIMES Indonesia)
Kepala Markas PMI Kota Cirebon Atikah (Foto : Ayu Lestari / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Jika kamu mendapati keluargamu atau tetanggamu terkonfirmasi Covid-19, sebaiknya jangan dikucilkan. Berikan support sebagaimana yang dia butuhkan. Untuk itu PMI Kota Cirebon membagikan caranya.

Menurut Kepala Markas PMI Kota Cirebon Atikah, ada 7 cara mendukung pasien positif Covid-19 di lingkungan keluarga maupun tetangga. Besar kecilnya dukungan dari keluarga maupun lingkungan sekitar sangat berarti bagi setiap pasien yang terkonfirmasi.

Atikah menjelaskan, dukungan tersebut sangat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang.

Dia mengungkapkan, bahwa PMI ikut andil dalam menangani hal tersebut dan menjadi pekerjaan tambahan dalam Bidang pelayanan PSP (Psychosocial Support Program) dan PK (Perawatan Keluarga).

Dia menjelaskan, program membantu keluarga pasien positif Covid-19 untuk memberi dukungan kepada pasien bukan mengucilkannya.

Berikut tujuh tips mendukung pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 Versi PMI Kota Cirebon:

1. Mendapat Layanan Medis

Pasien Covid-19 wajib mendapatkan pelayanan di rumah sakit, atau bisa juga melakukan isolasi mandiri di rumah dengan prosedur standar protokol kesehatan. Untuk mengetahui perkembangan pasien konsultasikan kesehatan secara rutin pada dokter yang menangani pasien Covid-19.

2. Tetap Beribadah

Pendekatan rohani menciptakan ketenangan hati dan pikiran. Artinya Pasien Covid-19 harus tetap menjalankan ibadah baik berdo'a dan lainnya karena hal tersebut dapat mendukung pasien terkonfirmasi secara rohaniah.

3. Berkomunikasi Secara Biasa

Ciptakan suasana hati yang senang dan ceria, ajaklah pasien Covid-19 dalam obrolan sehari-hari melalui video call atau telfon biasa lainnya. jangan, membicarakan masalah perkembangan pandemi atau sesuatu yang menyangkut kesehatan apalagi covid.

"Membicarakan, hal ringan saja entah cerita semasa sekolah, kuliah, atau kerja dan pembicaraan lainnya di luar masalah pandemi dan covid," ujar dia.

4. Dukungan dari Orang Terdekat

Dukungan jarak jauh dari orang terdekat atau sahabat, pihak keluarga atau orang terdekat pasien yang mengetahui hal ini baiknya ikut membantu kesembuhan pasien dengan memberikan dukungan melalui komunikasi intens yang berguna untuk meningkatkan imunitasnya.

dengan begitu, kepercayaan diri pasien untuk smebuh akan bertambah dan akan menaikan pula perasaan bahagia. hal ini tentunya bukan hanya untuk pasien, namun keluarga pasien pun tetap perlu mendapatkan dukungan agar dapat bertahan dan berfikir positif.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, jaga kesehatan jasmani, dan istirahat yang cukup, untuk itu biasanya pasien covid-19 perlu menjaga daya tahan tubuh baik dari asupan gizi pasien, berjemur, dan berolahraga. dengan penjadwalan olahraga rutin bagi pasien terkonfirmasi setiap hari bisa menumbuhkan imun tubuh meningkat dan lekas pulih.

6. Terus Berikan Motivasi

Intensif berkomunikasi, hadirkan data dari lembaga terpercaya. Hal ini perlu dilakukan oleh teman terdekat atau keluarga pasien untuk memberikan motivasi dan berita-berita kesembuhan pasien covid-19. Dari hal tersebut agar timbul keinginan untuk sembuh.

7. Tetap Lakukan Aktivitas yang Disukai

Lakukan kegiatan yang disukai dan buat hari-hari menyenangkan. Tentu dengan melakukan hal yang disukai pasien Covid-19 akan lupa dengan rasa khawatir dari dalam dirinya.

Maka keluarga, perlu sebisa mungkin hadirkan atau bawakan barang yang dapat menunjang hobinya. Sehingga, dia dapat merasa bahagia karena merasa diperdulikan oleh keluarga dan juga tetap melakukan keinginannya.

Atikah menekankan satu hal penting terakhir yaitu, kembali pada diri orang tersebut akankah dia mau sembuh atau tidak. Sebab, segala hal yang diupayakan orang luar apabila dari dalam diri orang tersebut tidak memiliki keinginan maka tidak akan ada perkembangan.

PMI Kota Cirebon melalui Bidang PSP dan PK akan terus berusaha dan berjuang, untuk berikan sosialisasi dan edukasi bagi masyarkat luas agar tidak menjauhi dan justru mendukung pasien yang terkonfirmasi. (*)

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES