Gaya Hidup 3M Lawan Covid

Jaga Diri dari Covid-19 saat Musim Hujan, Ini Caranya

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 10:02 | 136.27k
Musim hujan waspada Covid-19. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)
Musim hujan waspada Covid-19. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memasuki musim hujan di akhir tahun, kekhawatiran penyebaran Covid-19 makin meluas. Masyarakat khawatir cuaca dingin bisa memperparah penyebaran virus ini.

Apalagi, obat atau vaksin yang efektifpun belum ditemukan. Diyakini bahwa cuaca panas akan menghentikan penyebaran pandemi, namun, ternyata tidak benar.

Ketika pandemi terus menyebar dengan kecepatan yang tak henti-hentinya, para ahli sangat khawatir bahwa tingkat infeksi Covid-19 dapat meningkat tajam di bulan-bulan musim dingin.

Hal ini, karena infeksi saluran pernapasan memiliki kecenderungan untuk menunjukkan peningkatan selama bulan-bulan musim dingin.

Lalu bagaimana caranya agar terhindar dari Covid-19 saat musim hujan ini?

1. Ganti Masker

Pastikan mengganti masker yang sudah basah. Sebab masker menjadi tidak efektif jika dalam keadaan lembab.

2. Jaga Kebersihan

Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Bersihkan lingkungan agak tidak terjadi banjir.

3. Jaga Imun

Saat banjir, banyak penyakit yang dapat menyerang seperti demam berdarah, diare, penyakit kulit. Penyakit ini dapat menurunkan imun tubuh. Ketika, imun menurun, hal itu tentu berpotensi terinfeksi Covid-19.

4. Protokol kesehatan wajib dilakukan untuk menekan penularan

Berdasarkan penjelasan di atas, melakukan tindakan pencegahan flu selama pandemi Covid-19 penting dilakukan. Sehingga, kamu dan orang terdekat tetap aman dari ancaman virus penyebab penyakit.

Selain itu, dari rekomendasi seorang spesialis penyakit menular dari Cleveland Clinic, Kristin Englund, menyebutkan ada 4 langkah pencegahan yang bisa diterapkan untuk melindungi diri dari flu di tengah pandemi Covid-19 ini.

1. Lakukan Vaksin Flu

Riset menunjukkan bahwa vaksin flu bisa mengurangi risiko seseorang untuk terinfeksi virus penyebab flu, salah satunya Covid-19. Karena, vaksin untuk Covid-19 masih belum siap – jadi, melakukan vaksin flu merupakan alternatif.

CDC merekomendasikan agar setiap anak berusia di atas enam bulan wajib mendapatkan vaksin flu. Dan, vaksin ini juga penting didapat petugas kesehatan, serta orang-orang yang rentan terkena penyakit.

2. Tetap Waspada

Sama seperti Covid-19, virus penyebab flu juga menyebar dan menular melalui droplets yang keluar dari hidung dan mulut orang terinfeksi.  Oleh karena itu, jaga selalu kebersihan diri – cuci tangan rutin, memakai masker ketika berada di luar rumah, dan terapkan jaga jarak.

Hindari menyentuh bagian wajah, seperti hidung, mata, dan mulut. Sehingga, virus yang mungkin menempel di tangan tidak masuk ke dalam tubuh.

Bersihkan dan disinfeksi perabotan rumah yang kerap disentuh dan menjadi media perkembangan virus juga perlu dilakukan secara rutin.

3. Tanggap Saat Merasa Sakit

Flu dan Covid-19 – memiliki gejala serupa, seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, dan sulit bernapas. Kalau mengalami gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Ketika merasa kurang enak badan, sebaiknya hindari aktivitas di luar rumah. Jadi, tidak mudah tertular dan menularkan penyakit.

4. Sedia Obat dan Multivitamin

Hindari risiko flu dengan menyimpan obat- obatan khusus, seperti obat pereda demam. Atau, sediakan obat pereda batuk dan nyerti otot. Poin yang satu ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing- masing.

Lebih baik mencegah daripada mengobati – agar perlindungan semakin ekstra, sediakan dan konsumsi multivitamin secara rutin. Pastikan multivitamin pilihanmu mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks.

Kombinasi kandungan tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuh, agar tidak mudah sakit. Sekaligus mengoptimalkan proses metabolisme-manfaat ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks.

Itulah hal-hal yang harus dilakukan saat musim hujan, agar terhindar dari Covid-19. Jadi jaga diri dan kondisi Anda, ya. (*)

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan.

Ekoran-Edisi-Sabtu-24-Oktoberr-2020-Tips-Jaga-Diri-Saat-Musim-Hujan-saat-Pandemi.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES