Peristiwa Daerah

Pelaku UMKM Banjarnegara dan Wonosobo Ikuti Pelatihan Manajemen Usaha Kecil

Jumat, 23 Oktober 2020 - 16:16 | 222.81k
Peserta pelatihan manajemen usaha kecil mendapat pengarahan Kepala Indagkop UKM Banjarnegara Joi Setiawan S.Sos MSi. (FOTO: FB Indagkop Banjarnegara)
Peserta pelatihan manajemen usaha kecil mendapat pengarahan Kepala Indagkop UKM Banjarnegara Joi Setiawan S.Sos MSi. (FOTO: FB Indagkop Banjarnegara)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Sebanyak 30 pelaku UMKM asal Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah selama 4 hari mengikuti pelatihan manajemen usaha kecil yang difasilitasi Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Propinsi Jawa Tengah dan Disperindagkop UKM Kabupaten Banjarnegara.

Pelatihan gelar di Hotel Surya Yudha Banjarnegara, dibuka Bambang Kristi wahono dari Staf BALATKOP Provinsi Jawa Tengah. Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Banjarnegara Joi Setiawan, S.Sos, M.Si dan Kabid Koperasi UKM Disperindagkop UKM Izak Danial Aloys S.Tp, M.Si.

pelatihan manajemen 2

Pelatihan diikuti oleh 20 UMKM asal Kabupaten Banjarnegara dan 10 UMKM dari Wonosobo. Pelatih selesai hari ini, Jumat (23/10/2020) ditutup oleh Kabid Koperasi UKM mewakili Kadinas Indagkop UKM Banjarnegara Joi Setiawan S.Sos, M.Si.

Joy Setyawan berpesan agar ilmu selama pelatihan bisa dimanfaatkan untuk memajukan usaha dan memenangkan pasar di tengah pandemi covid-19.

Ia dalam akun FB Indagkop Banjarnegara menyebutkan pelaksanaan pelatihan manajemen ini didasari tuntutan era digitalisasi  di mana semua pelaku UMKM harus mampu beradaptasi.

Seperti diketahui, berdasarkan survei Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dengan Badan Pusat Statistik (2016) bahwa industri ekonomi kreatif d Indonesia pada 2015 lalu tercatat menyumbangkan Rp 852 triliun kepada pendapatan domestik bruto (PDB) nasional.

pelatihan manajemen 3

Sedang pada 2016 tercatat naik mencapai Rp 922,58 riliun dengan nilai kontribusi terhadap PDB nasional sebesar 7,44 persen. Dari data di atas, dapat dilihat bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia tidak terlepas dari dukungan usaha kecil menengah.

Oleh karena pentingnya UKM ini maka perlu dilakukan pelatihan, seperti di Kabupaten Banjarnegara ini, guna menunjang keberlangsungan dari UKM di Indonesia dan membantu mereka mengatasi berbagai permasalahan yang ada, seperti aspek pengelolaan atau manajemen hingga aspek permodalan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES