Indonesia Positif Ketahanan Informasi Desa

Dansatgas TMMD Apresiasi Antusias  Anak- Anak Terhadap Perpustakaan Apung

Rabu, 21 Oktober 2020 - 18:02 | 26.46k
FOTO: AJP/TIMES Indonesia
FOTO: AJP/TIMES Indonesia
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, SINTANG – Anak-anak di Desa Wirayuda kecamatan Ketungau Tengah sangat antusias dengan adanya Perpustakaan Apung di Batas Negeri. Saat buku- buku baru selesai disusun pada rak kapal, anak anak sudah berkumpul dan menyerbu buku-buku di kapal yang tersandar di dermaga gemar membaca.

"Launching Operasional Perpustakaan Apung di Batas Negeri kita jadwalkan pada minggu (18/10/2020) siang, namun pada pagi harinya anak-anak sudah berkumpul dan membaca buku di kapal," ujar Komandan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler 109 Kodim 1205/ Sintang, Letkol Eko Bintara Saktiawan, Rabu (21/10/2020).

Dansatgas mengatakan antusias anak-anak tersebut menunjukan bahwa mereka rindu belajar di sekolah. Namun karena pandemi covid-19, kegiatan belajar mengajar di sekolah ditiadakan meski anak-anak ini berada di daerah zona hijau. 
"Pembelajaran sistem daring sebagai alternatif juga tidak dapat dijalankan disini, karena keterbatasan internet. Maka bertepatan dengan momen TMMD ini, saya menginisiasi Perpustakaan Apung di Batas Negeri agar anak-anak di perbatasan dapat terus belajar," ujar Dansatgas.

Dansatgas mengatakan dirinya merealisasikan Perpustakaan Apung, karena secara geografis daerah perbatasan khusunya desa-desa di Ketungau Tengah ini terhubung aliran sungai.

"Desa-desa disini mengandalkan transportasi air sebagai mobilitas utama, maka kita buat perpustakaan  yang memanfaatkan jalur transportasi pokok masyarakat," ujarnyab. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-15 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES