Kopi TIMES

Di Balik Meja Anak Muda Bicara Peran

Jumat, 23 Oktober 2020 - 12:24 | 46.77k
Di Balik Meja Anak Muda Bicara Peran
Moh. Khudzaifi adalah Founder Smart Foundation.

TIMESINDONESIA, SUMENEP – .......pemoeda kita itoe oemoemnja hanja mempoenjai ketjakapan oentoek mendjadi serdadoe, jaitu berbaris menerima perintah menjerang, menjerboe dan bertjibakoe dan tidak pernah diadjar memimpin (Sjahrir)

Pemuda adalah harapan bangsa, ditangan merekalah terletak baik dan buruknya suatu bangsa. Ketika pemudanya baik, maka baiklah bangsa itu. Sebaliknya, bila pemudanya buruk (berakhlak buruk), maka bangsa itu tinggal menunggu datangnya kehancuran.

Bila dibuka lembaran sejarah, diketahuilah bahwa lahirnya suatu peradaban di bumi manapun tidak terlepas dari peran pemudanya. Revolusi Industri di inggris digerakkan oleh pemuda, pemudanya berpacu dalam teknologi. Mereka diantaranya adalah Alexander Graham Bell, James Watt, dan lain-lain.

Revolusi Prancis, atau lebih dikenal dengan revolusi kepemerintahan. Revolusi ini digerakkan oleh para pemuda yang bersifst nasionalis. Merekalah yang menggulingkan Raja Luois XVII, yang akhirnya di eksekusi mati.

Di jepang, setelah negeri sakura itu diluluh lantahkan oleh tentara sekutu oleh bom atom, mulailah dunia memandang Jepang dengan sebalah mata. Jepang telah lumpuh, dunia psimis Jepang akan bangkit, pesimisnya warga dunia didukung oleh fakta ilmiah, radiasi uranium, remanansi molekul atom masih aktif hingga sekarang, walau dalam takaran kecil.

Dengan semangat bushido, Jepang bangkit kembali. Semangat yang dikobarkan Kaisar Tenno Haika itu, tidak terlepas dari dukungan pemudanya. Di Indonesia, perjuangan untuk merebut kemerdekaan hingga pembacaan teks proklamasi juga atas dukungan pemuda. Begitupula halnya dengan peralihan kekuasaan dari Orde Lama ke Orde Baru hingga ke Orde Reformasi juga digerakkan oleh pemuda.

Presiden RI pertama, Ir Soekarno mengatakan “Berilah aku sepuluh orang pemuda, maka akan aku guncangkan dunia”. merujuk kepada pernyataan tersebut, Ir Soekarno mengakui bahwa eksistensi pemuda dalam satu negeri menentukan masa depan negeri tersebut. Pemuda sebagai aset bangsa yang paling berharga harus mendapatkan perhatian yang serius dari berbagai kalangan. Para generasi tua berkewajiban memberikan pendidikan yang layak, tidak hanya pendidikan lembaga dan kelas formal, melainkan pendidikan lingkungan, pendidikan bersosial dan lain-lain.

Jelaslah bahwa pemuda adalah tonggak perubahan suatu bangsa. Dengan bangga kita ucapkan, pemuda adalah harapan bangsa. Keterlibatan pemuda dalam menopang pembangunan bangsa terbilang nyata dan komprehensif. Kemampuan disiplin keilmuan mereka telah mengantarkan bangsa Indonesia dikenal oleh Negara-negara lain.

Dalam bidang ekonomi kita kenal sesosok Wirda Mansur, seorang pemuda yang berusia 18 tahun sudah banyak memiliki usaha, mulai dari travel yang diberi nama Wisatahari Tour & travel, kosmetik yang diberi nama Wake Up Make Up, hingga busana muslim yang diberi nama Wirda Mae Group Indonesia.

Selanjutnya ialah Ammar Mandili, beliau adalah pemuda Indonesia yang saat ini kuliah di Singapura, sambil kuliah Ammar mandili membuat sebuah produk Clay (sejenis minyak rambut seperti Pomade, gel) yang diberi nama Thoug Clay. Lewat penjualan online akun instagramnya @indohaircut, Ammar Mandili berhasil meraih kesuksesan dan telah beberapa kali menjadi pemateri seminar kewirausahaan di Singapura. Saat Ammar Mandili meraih keberhasilan dan kesuksesan, usianya masih sangat muda, yakni 19 tahun, dia berhasil menunjukkan kemampuannya dalam bidang manajemen dan pasar.

Di dunia teknologi dan elektronik kita kenal seorang pemuda yang bernama Afidha Fajar Adhitya, pria asal Klaten, Jawa Tengah yang tidak pernah patah arang ketika 12 kali mencoba berwirausaha namun terus menemui kegagalan. Usaha bidang elektronika, kuliner, hingga alat music pernah dilakoninya. Hingga 10 oktober 2014 untuk ke-13 kalinya, pria berusia 29 tahun tersebut menjajal keberuntungannya dengan membuat Eboni watch, yakni jam tangan berbahan kayu. Afidha Fajar Adhitya membuat desain jam tangan kayu yang disesuaikan dengan seleranya, desain jam tangan kayu yang ada saat itu terlihat sangat besar dan kurang nyaman dipakai. Kemudian, dia meminjam modal untuk untuk membuat 10 Jam tangan lagi, yang kemudian dia berikan kepada si peminjam modal.

Satu unit yang dia miliki kemudian dijual, dan hasilnya dijadikan modal kembali untuk membuat jam tangan baru untuk dijual kembali. Modal yang dia putar terus menerus tersebut membawakan pada kapasitas produksi hingga 300 unit per bulan. Eboni Watch terbuat dari dua jenis kayu maple dan sonokeling yang dia dapat dari limbah pabrik gitar di Sukoharjo. Dia juga mamasok tali untuk jam tangan Eboni yang diproduksi dengan kualitas tinggi.

Peran mereka tidak hanya menguntungkan kepada pribadi dan lingkungan sekitarnya, melainkan pada skala lebih besar yakni kepada perekonomian Negara, dan mungkin diplomasi positif dengan Negara lain. Oleh sebab itu, kontribusi pemuda dalam mengayuh cita bangsa harus diperhitungkan sejak dini, karena mereka adalah pewaris utuh semua elemen bangsa.

Mereka pula yang bersentuhan langsung dengan masyarakat secara luas, mengamati aktifitas sosial masyarakat dengan perspektif idealis dan teoritis, hal ini membuktikan bahwa pemuda harus terlibat dalam segala progam pemberdayaan masyarakat. Tidak sedikit ditemukan kebijakan Negara yang justru jauh dari pengembangan potensi masyarakat dan potensi bumi.

Ambil contoh beberapa bulan terakhir ini. Kasus omnibus law cipta kerja yang disusun pemerintah nyata akan merugikan masyarakat banyak, terutama masyarakat golongan bawah. Perubahan mulai dari waktu kerja yang diubah dari dua hari menjadi satu hari libur dalam kerja selama satu minggu, kemudian penghapusan upah sakit buruh dan beberapa poin lainnya yang cenderung merugikan pekerja, secara garis besar kebijakan omnibus law berpotensi nyata merugikan masyarakat.

Pengawalan dalam perumusan kebijakan pemerintah harus dari pemuda, sebagaimana disebutkan di atas. Sebab mereka mengamati dan menganalisa sesuatu berdasarkan perspekstif idealisme dan teoritis, bukan lagi nepotism. Hal ini menunjukkan pentingnya peran pemuda dalam tubuh birokrasi sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan keputusan.

Apakah pemuda harus terjun dunia politik untuk menjamin kesejahteraan masyarakat? Kita coba refleksikan kembali, bahwa semua operasional sektor bangsa, mulai dari ekonomi, sosial, budaya dan hukum merupakan buah dari politik. Jelasnya bahwa, semua sistem yang dijalankan dalam suatu Negara merupakan buah dari kontrak politik, begitupula dengan sistem pemerintahan. Oleh karena itu, semua elemen masyarakat wajib terlibat dalam menentukan kebijakan politik.

Menurut Ramlan Surbakti (1992), faham klasik tentang politik menyampaikan bahwa politik dimaknai sebagai usaha bersama untuk memproleh kebaikan bersama, seperti kesejahteraan, keadilan dan sejenisnya, politik mempunyai tujuan mulia sehingga mesti diperjuangkan bersama bagi setiap warga Negara. Anak muda yang cap sebagai kayu bakar baru untuk api nasionalisme wajib belajar dan berperan di dunia politik, baik dalam skala kecil maupun besar, ide dan gagasan mereka dibutuhkan sebagai daya analisa terhadap polemik bangsa.

Anak muda bukan hanya nekad di lintasan atau hanya berprestasi untuk dirinya sendiri, namun juga berkewajiban untuk mensejahterakan masyarakat. Menjadi gerakan penting bagi para politisi untuk melibatkan anak muda dalam praktik politik praktis maupun idealis, terutama Negara dengan sistem demokrasi seperti Indonesia. Kita ketahui bersama bahwa, agenda besar politik dalam demokrasi ialah pemilihan umum, pemilihan pemimpin atau wakil rakyat untuk merencanakan dan merumuskan serta melaksakan tugas rakyat, yakni kesejahteraan berbangsa dan bernegara.

Umumnya terdapat lembaga penyelenggara yang bertugas secara independent untuk mengawal dan menyeleksi, sebut saja Komisi Pemilihan Umum (KPU). Contoh program sosialisasi pemilu oleh bawaslu yang dilaksanakan di kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan pada 2019 lalu, terdapat puluhan pemuda yang dihadirkan pada sosialisasi itu, mereka dari sejumlah organisasi pemuda di bantaeng. Ada juga dari organisasi kemahasiswaan, pelajar dan penyandang disabilitas.

Menurut Kordiv Sangketa Bawaslu Sulawesi Selatan, Asriadi, ada tiga faktor yang mempengaruhi pemilu agar berjalan dengan sukses. Ketiganya adalah peserta pemilu meliputi partai politik (parpol), DPD, dan calon presiden. Penyelenggara pemilu meliputi KPU dan Bawaslu, serta pemilih atau masyarakat. Dan masyarakat kini punya ruang yang terbuka lebar untuk melaporkan pelanggaran pemilu kepada bawaslu, hal ini untuk menjaga nilai politik kita, (Tribun-timur.com).

Melibatkan pemuda untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat, akan sangat memungkinkan untuk menciptakan nilai politik yang baik. Program politik seperti sampel diatas, bisa diterapkan pada berbagai daerah se-Indonesia. Sebagian contoh aktivitas politik praktis yang melibatkan pemuda di dalamnya, karena dibalik meja kontrak politik, pemuda juga bicara peran.

***

*) Oleh: Moh. Khudzaifi adalah Founder Smart Foundation.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

***

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.



Publisher : Sholihin Nur

EKORAN

TERBARU

  • Jelang Sekolah Tatap Muka, 36 Siswa SMP di Surabaya Positif Covid-19
    Jelang Sekolah Tatap Muka, 36 Siswa SMP di Surabaya Positif Covid-19
    01/12/2020 - 21:49
  • Menkeu RI: APBN 2021 Fokus Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi
    Menkeu RI: APBN 2021 Fokus Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi
    01/12/2020 - 21:45
  • Rumahnya di Pamekasan Dikepung Massa, Mahfud MD: Ibu Aman
    Rumahnya di Pamekasan Dikepung Massa, Mahfud MD: Ibu Aman
    01/12/2020 - 21:41
  • Tri Rismaharini Kirim Surat ke Warga Surabaya, Isinya Ajakan untuk Jangan Golput
    Tri Rismaharini Kirim Surat ke Warga Surabaya, Isinya Ajakan untuk Jangan Golput
    01/12/2020 - 21:38
  • Pemkot Jakarta Timur Bersama PWNU DKI Jakarta Bersinergi Membina Umat
    Pemkot Jakarta Timur Bersama PWNU DKI Jakarta Bersinergi Membina Umat
    01/12/2020 - 21:35
  • Elektabilitas Libas Rival, Eri Cahyadi Adem Ayem Tanggapi Hasil Survei Cyrus
    Elektabilitas Libas Rival, Eri Cahyadi Adem Ayem Tanggapi Hasil Survei Cyrus
    01/12/2020 - 21:32
  • Sempat Bermasalah, Begini Kondisi Box Culvert dan Trotoar Manyar Surabaya Saat Ini
    Sempat Bermasalah, Begini Kondisi Box Culvert dan Trotoar Manyar Surabaya Saat Ini
    01/12/2020 - 21:29
  • Pencinta Alam Jombang Imbau Masyarakat Tidak Mudah Percaya Video Hoaks Meletusnya Gunung Semeru
    Pencinta Alam Jombang Imbau Masyarakat Tidak Mudah Percaya Video Hoaks Meletusnya Gunung Semeru
    01/12/2020 - 21:26
  • Kepala Dinkes Lamongan, Semua Memiliki Kemungkinan Besar Terinfeksi Covid-19
    Kepala Dinkes Lamongan, Semua Memiliki Kemungkinan Besar Terinfeksi Covid-19
    01/12/2020 - 21:22
  • Pasien Terkonfirmasi Covid-19 Terus Meningkat, Kota Cirebon Kekurangan Ruang Isolasi
    Pasien Terkonfirmasi Covid-19 Terus Meningkat, Kota Cirebon Kekurangan Ruang Isolasi
    01/12/2020 - 21:18

TIMES TV

Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

15/11/2020 - 07:16

Jalan Jokowi di Abu Dhabi Hasil Barter Lahan Hektaran di Indonesia

Jalan Jokowi di Abu Dhabi Hasil Barter Lahan Hektaran di Indonesia
Bincang soal Fanatisme Kpopers sejak SD

Bincang soal Fanatisme Kpopers sejak SD
Maluku Tenggara Akan Peringati Hari Sumpah Pemuda di Pulau Kecil Terluar

Maluku Tenggara Akan Peringati Hari Sumpah Pemuda di Pulau Kecil Terluar
Oh my God, Aksi Demo UU Cipta Kerja disusupi Massa bayaran?

Oh my God, Aksi Demo UU Cipta Kerja disusupi Massa bayaran?

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Positive Thinking
    Positive Thinking
    01/12/2020 - 09:15
  • Pandemi Covid-19 dan Digitalisasi UMKM
    Pandemi Covid-19 dan Digitalisasi UMKM
    01/12/2020 - 02:21
  • Hak Perempuan yang “Dinomorduakan”
    Hak Perempuan yang “Dinomorduakan”
    30/11/2020 - 18:00
  • Humas Online dan News Value, Oleh-Oleh Workshop Kehumasan Bersama LLDIKTI Wilayah 7
    Humas Online dan News Value, Oleh-Oleh Workshop Kehumasan Bersama LLDIKTI Wilayah 7
    30/11/2020 - 16:00
  • Peraturan Delegasi di Indonesia: Ide untuk Membangun Kontrol Preventif terhadap Peraturan Pemerintah (Bagian 3 Habis)
    Peraturan Delegasi di Indonesia: Ide untuk Membangun Kontrol Preventif terhadap Peraturan Pemerintah (Bagian 3 Habis)
    30/11/2020 - 15:00
  • Pemimpin di Jalan Tuhan
    Pemimpin di Jalan Tuhan
    30/11/2020 - 14:11
  • Strategi Panglima TNI Dalam Hadapi Kelompok Pengancam Persatuan Dan Kesatuan Bangsa
    Strategi Panglima TNI Dalam Hadapi Kelompok Pengancam Persatuan Dan Kesatuan Bangsa
    30/11/2020 - 12:28
  • Peraturan Delegasi di Indonesia: Ide untuk Membangun Kontrol Preventif terhadap Peraturan Pemerintah (Bagian 2)
    Peraturan Delegasi di Indonesia: Ide untuk Membangun Kontrol Preventif terhadap Peraturan Pemerintah (Bagian 2)
    30/11/2020 - 12:00

KULINER

  • Saking Larisnya, Pempek Candy Habiskan 1/2 Ton Ikan Tenggiri per Hari
    Saking Larisnya, Pempek Candy Habiskan 1/2 Ton Ikan Tenggiri per Hari
    01/12/2020 - 05:29
  • Mencicipi Segarnya Rujak Kelang Khas Pesisir Pantai Branta Pamekasan
    Mencicipi Segarnya Rujak Kelang Khas Pesisir Pantai Branta Pamekasan
    01/12/2020 - 01:28
  • Woyoo Coffee Beans And Roastery Pas Dinikmati Malam Hari
    Woyoo Coffee Beans And Roastery Pas Dinikmati Malam Hari
    29/11/2020 - 04:27
  • Ada Sisa Bahan Soto Kemarin? Jangan Dibuang, Ubah Jadi Makanan Berikut
    Ada Sisa Bahan Soto Kemarin? Jangan Dibuang, Ubah Jadi Makanan Berikut
    28/11/2020 - 03:16
  • Mie Galau Malang Rasa Nikmat Harga Bersahabat
    Mie Galau Malang Rasa Nikmat Harga Bersahabat
    23/11/2020 - 01:15
  • Toyota Avanza Baru Ramai di Media Sosial
    Toyota Avanza Baru Ramai di Media Sosial
    01/12/2020 - 13:40
  • Model Seksi Curhat Pengalaman Mengenaskan Jadi Budak Seks Mike Tyson
    Model Seksi Curhat Pengalaman Mengenaskan Jadi Budak Seks Mike Tyson
    01/12/2020 - 06:29
  • Ronaldo dan Messi Bisa Mewek Lihat Bayaran Gila Mike Tyson
    Ronaldo dan Messi Bisa Mewek Lihat Bayaran Gila Mike Tyson
    01/12/2020 - 07:10
  • Marinir TNI AL Terlibat Baku Tembak, Panglima Kerahkan Pasukan ke Poso
    Marinir TNI AL Terlibat Baku Tembak, Panglima Kerahkan Pasukan ke Poso
    01/12/2020 - 06:06
  • Baca Ini 3 Kali Sehari, Dosa Besar Diampuni, Rezeki Datang Tiba-tiba
    Baca Ini 3 Kali Sehari, Dosa Besar Diampuni, Rezeki Datang Tiba-tiba
    01/12/2020 - 09:37