Gaya Hidup 3M Lawan Covid

Masih Pandemi Kurangi Intensitas ke Pasar, Ini Tips Jaga Sayur Tetap Segar

Jumat, 23 Oktober 2020 - 09:15 | 54.88k
Ilustrasi - Tips menyimpan sayur agar tetap segar (FOTO:
Ilustrasi - Tips menyimpan sayur agar tetap segar (FOTO:

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di masa pandemi sebaiknya kita mengurangi aktifitas di luar rumah. Termasuk ke pasar untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. Nah kita dapat mengurangi intensitas ke pasar asal dapat menjaga kondisi sayur tetap segar.

Sayur maupun daging dan buah dapat tetap segar selama disimpan dengan tepat di dalam kulkas. Namun dengan cara yang tak tepat, sayur justru cepat membusuk.

Nah berikut cara menyimpan bahan makanan atau sayur tetap segar di kulkas

1. Kulkas bersih

Pastikan kulkas bersih sebelum Anda memasukkan semua bahan makanan dalam kulkas. Kulkas yang bersih akan berpengaruh terhadap kualitas makanan. Atur suhu kulkas antara 1-4 derajat celcius. 

Jika lebih tinggi dari itu, maka bisa menimbulkan bakteri yang nantinya mempengaruhi rasa dan juga aroma makanan. Sementara itu, jika lebih rendah akan membuat sayuran beku.

2. Bersihkan semua bahan makanan 

Semua bahan makanan yang akan dimasukkan kulkas sebaiknya dicuci bersih dahulu. Bila sayuran berdaun semisal bayam atau kangkung, Anda dapat memotong bagian akarnya lalu cuci bersih dan ditiriskan lalu dikeringkan menggunakan tisu atau lap kain bersih. Demikian juga dengan daging, ikan maupun ayam, cuci bersih semuanya.

3. Pisahkan berdasarkan jenisnya

Pisahkan bahan makanan yang akan disimpan sesuai dengan jenisnya. Misalnya sayur, pisahkan sayur berdaun dengan sayur yang tak ada daunnya seperti wortel, jagung, tomat. Daging juga masukkan dalam wadah yang berbeda dengan daging ayam, ikan atau lainnya. 

4. Menggunakan produce bag

Produce bag atau plastik yang biasa dipakai untuk menimbang buah di swalayan, dapat digunakan untuk menyimpan buah dan sayur. Produce bag dapat menyerap udara dan air sehingga sayur maupun buah lebih terjaga kesegarannya.

5.  Simpan dengan Kertas

Jika tak ada produce bag, Anda dapat menggunakan kertas. Kertas bersifat menyerap kelembapan yang berlebih, sehingga sayuran tidak cepat membusuk. Jika ingin lebih kering, maka lapisi dengan tisu dapur di bagian bawah sayur, lalu bungkus kertas. Setelah dibungkus kertas, Anda dapat menempatkan pada wadah atau kontainer sayuran. Dengan demikian sayur tetap segar meski berhari-hari. (*)

 

***

 

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan. (*)

Ekoran-Edisi-Jumat-23-Oktoberr-2020-Cara-Agar-Sayur-Tetap-Segar.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES