Peristiwa Daerah

Pesantren Development Gelar Workshop Sadar Wabah dan Bencana

Kamis, 22 Oktober 2020 - 22:15 | 51.67k
Aminuddin Ma'ruf, Staf Khusus Presiden RI saat mengikuti Workshop Pesantren Sadar Wabah dan Bencana bersama Perwakilan Wilayah Pesantren se-Indonesia. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)
Aminuddin Ma'ruf, Staf Khusus Presiden RI saat mengikuti Workshop Pesantren Sadar Wabah dan Bencana bersama Perwakilan Wilayah Pesantren se-Indonesia. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Pesantren Development Project (PDP) berkolaborasi dengan Generasi Cerdas Iklim (GCI) menggelar Workshop Pesantren Sadar Wabah dan Bencana bersama Perwakilan Wilayah Pesantren se-Indonesia.

Sejak tahun 2015, Presiden Jokowi menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Penetapan Hari Santri berdasarkan deklarasi Resolusi Jihad yang digagas oleh tokoh Nahdlatul Ulama Hadlratusyaikh KH Hasyim Asy'ari pada tahun 1945 sebagai perlawanan untuk mempertahankan kemerdekaan.

Isi dari Resolusi Jihad tersebut adalah berperang menolak dan melawan penjajah itu fardhu 'ain bagi setiap orang Islam di Indonesia.

Dalam rangka memperingati sejarah besar ini, Pesantren Development & Generasi Cerdas Iklim  menginisiasi acara Pesantren Sadar Wabah & Bencana sebagai bentuk jihad kita melawan pandemi COVID-19.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memberikan pemahaman kepada santri dan insan pesantren tentang pentingnya kesadaran terhadap ancaman wabah dan bencana.

Ikrom Mustofa dari Generasi Cerdas Iklim mengatakan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan seluruh civitas akademik pesantren mampu meningkatkan kapasitas dalam hal waspada terhadap bahaya wabah dan ancaman bencana.

"Pesantren sebagai sebuah entitas penting di Indonesia memiliki peran besar untuk ikut serta mengurangi dampak wabah dan bencana," terangnya.

Hadir dalam kegiatan yang digelar secara webinar tersebut juga Aminuddin Ma'ruf, Staf Khusus Presiden RI. "Kami atas nama pemerintah mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional kepada seluruh pondok pesantren di Indonesia. Semoga santri dan pesantren terus berkolaborasi dan senantiasa mengambil peran dalam visi Indonesia Maju," jelasnya.

Workshop Pesantren Sadar Wabah dan Bencana yang digelar dari pukul 09.00 s.d. 16.00 tersebut dihadiri pula oleh Erma Mu'tatal dari Dewan Pengawas GCI, Danty Oktiana Prastiwi dari Lembaga Beasiswa Bakti GCI, dan juga Sigit Eko Januar Ketua Yayasan GCI. Masing-masing mereka menyampaikan materi tentang sadar wabah dan bencana. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES