Wisata

Museum Rasulullah, Destinasi Wisata Religi Baru Kota Probolinggo

Kamis, 22 Oktober 2020 - 21:50 | 291.30k
Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin meresmikan museum Rasulullah SAW. (Foto: Ryan H/TIMES Indonesia)
Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin meresmikan museum Rasulullah SAW. (Foto: Ryan H/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Warga Kota Probolinggo, kini tak perlu bingung untuk berwisata. Kota transit yang terletak di persimpangan penghubung wilayah tapal kuda Jawa Timur ini, memiliki destinasi wisata religi baru. Yakni museum Rasulullah SAW.

Museum tersebut terletak di jalan Suroyo, Kota Probolinggo. Sebelumnya, museum tersebut merupakan museum Probolinggo yang menyimpan sejumlah barang bersejarah. Terutama yang berkaitan dengan perkembangan Kawasan Probolinggo. Diantaranya, perahu tradisional masyarakat pendalungan, replika motor pertama di Indonesia. Serta benda bersejarah lainnya.

Kini, koleksi museum tersebut bertambah. Yakni barang-barang peninggalan Nabi Muhammad SAW, serta barang peninggalan yang pernah digunakan para sahabat Rasulullah SAW. “Ini merupakan berkah bagi Kota Probolinggo. Karena barang peninggalan ini sebelumnya pernah digunakan beliau dan para sahabat,” kata Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, Kamis (22/10/2020).

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin 1

Pembukaan museum Rasulullah SAW, bertepatan dengan Peringatan Hari Santri Nasional 2020. Dengan harapan, masyarakat Probolinggo dan sekitarnya, tidak perlu lagi ke luar kota, untuk berwisata. Mengingat saat ini, pandemi covid19 masih berlangsung.

“Sudah ada sekitar 3.000 orang dalam waiting list kami. Dimulai sejak 23 Oktober 2020. Kendati demikian, kami tetap terapkan protokol Kesehatan dalam aktifitas wisata religi ini,” terang Wali Kota.

Setiap harinya, hanya dibatasi delapan sesi kunjungan ke museum Rasulullah SAW Kota Probolinggo. dimana masing-masing sesi hanya ada 40 orang yang bisa masuk dalam museum.

Sambutan masyarakat pun sangat luar biasa pada museum Rasulullah SAW ini. Salah satu warga, Delyvia Trianita menyebut, ia sangat takjub atas barang peninggalan Rasulullah SAW yang dipajang.

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin 2

“Luar biasa sekali ya, jadi tidak perlu ke luar kota untuk berwisata. Apalagi wisata ini, bisa menambah keimanan kita sebagai umat muslim,” katanya ditemui usai berkeliling di Museum Rasulullah SAW.

Lebih jauh, dara yang bekerja di salah satu bank pemerintah ini menyebut akan mengajak serta keluarganya untuk menyaksikan juga koleksi peninggalan Rasulullah SAW dan para sahabatnya.

Sebagai informasi, ada sejumlah barang peninggalan yang dipajang di museum Rasulullah SAW ini. Antara lain, rambut, rambut janggut, darah bekam, sorban, serta sandal yang pernah digunakan Nabi Muhammad SAW. Bagaimana, tertarik untuk menyaksikannya?. Datang saja langsung wisata religi ini di jalan suroyo, Kota Probolinggo, Jawa Timur. (*)

Ekoran-Edisi-Jumat-23-Oktoberr-2020-Musium-Rasulullah-di-Kota-Probolinggo.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES