Peristiwa Daerah

Hore, Warga Desa di Majalengka Ini Dapat Bantuan Pangan Non Tunai

Kamis, 22 Oktober 2020 - 21:39 | 61.98k
Pemerintah Desa Rawa bersama unsur Muspika Kecamatan Cingambul secara simbolis memberikan program BPNT kepada masyarakat. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Pemerintah Desa Rawa bersama unsur Muspika Kecamatan Cingambul secara simbolis memberikan program BPNT kepada masyarakat. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapat bantuan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Rawa, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Kamis (22/10/2020).

Kepala Desa Rawa, Surisno mengatakan program BPNT yang disalurkan saat ini untuk bulan Oktober yang jumlahnya mencapai 791 orang. Sedangkan, paket yang diterima adalah beras, telur, kentang dan buah apel.

"Jadi secara keseluruhan, nilai BPNT yang diterima per orang mencapai Rp 200 ribu dan saat ini penyaluran BPNT yang disalurkan kepada masyarakat untuk bulan Oktober, " ungkap Surisno yang juga diamini Lurah Hamdan.

Dia menjelaskan, tujuan disalurkannya BPNT kepada masyarakat tersebut ialah untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu. Bahkan, di masa pandemi Covid-19 ini, Pemerintah Desa Rawa juga telah menyalurkan berbagai bantuan sosial lainnya.

"Diantaranya, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah pusat, provinsi, daerah, pertanian dan BLT desa," katanya.

Sementara itu, Camat Cingambul Nono Heryano melalui Sekertaris Kecamatan Mumuh Muhidin mengungkapkan dalam proses penyaluran ini sejak awal sudah disosialisasikan dengan pihak e-Warung dan pemerintah desa bersama dinas sosial.

Dalam sosialisasi tersebut, kata dia, disampaikan tentang mekanisme penyaluran BPNT termasuk melakukan pemantauan dalam proses penyaluran bersama Unsur TNI, Kepolisian dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di wilayah Kecamatan Cingambul.

"Tujuan dilakukan pemantauan tersebut untuk memastikan BPNT benar-benar tersalurkan kepada masyarakat, dengan kondisi kualitas yang baik dan kondisi paket baik dan sejauh ini di wilayah Kecamatan Cingambul belum ditemukan adanya masyarakat yang komplain," ungkapnya.

TKSK Cingambul Sari Yanuar Setiady menambahkan setiap bulan di desa-desa yang ada di wilayah Kecamatan Cingambul termasuk Desa Rawa, BPNT terdistribusi sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

"Sudah sesuai aturan yang berlaku dan penditribusian BPNT yang disalurkan melalui e-warung, sudah baik dan kategori penerima Bantuan Pangan Non Tunai ialah warga masyarakat yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES