Peristiwa Daerah

Pesan Ra Nasih di Hari Santri Nasional 2020: Lanjutkan Perjuangan Para Kiai

Kamis, 22 Oktober 2020 - 18:47 | 50.67k
Anggota DPRD Jatim H Muhammad Nasih Aschal atau Ra Nasih. (FOTO: Helmy for TIMES Indonesia)
Anggota DPRD Jatim H Muhammad Nasih Aschal atau Ra Nasih. (FOTO: Helmy for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANGKALAN – Anggota DPRD Jatim H Muhammad Nasih Aschal atau Ra Nasih memaknai Hari Santri Nasional 2020 sebagai momentum untuk melanjutkan perjuangan para kiai yang telah berjuang dengan sangat luar biasa pada zaman kemerdekaan.

"Konteks perjuangan hari ini tentu berbeda bukan lagi dengan mengangkat senjata. Namun, melalui intelektulitas," ujarnya, Kamis (22/10/2020).

Menurut Pengasuh Ponpes Syaichona Mohammad Cholil Bangkalan ini, santri tidak hanya dituntut paham ilmu agama saja. Akan tetapi, juga harus mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi.

"Arus globalisasi menuntut santri untuk melek teknologi," imbuhnya.

Tantangan nyata bagi santri hari ini, sambung Ra Nasih, adalah gerakan separatis, aliran maupun faham yang cenderung memecah belah keutuhan bangsa dan anti NKRI.

"NKRI sudah final, dan Pancasila yang mempersatukan. Saya berharap santri di Madura berkontribusi dalam menjaga nilai-nilai persatuan," tegasnya.

Ra Nasih mengungkapkan, santri tidak harus menjadi kiai untuk mengisi berbagai posisi di segala lini. Memberi warna bagi kehidupan masyarakat dengan meneladani perjuangan dan sikap para kiai itu yang dibutuhkan.

"Santri harus memiliki cita-cita tinggi. Mari kita lanjutkan perjuangan para kiai dengan memaksimalkan peran santri," ujar Ra Nasih. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES