Ekonomi

Ini Alasan Menteri BUMN RI Tunjuk Alexandra Jadi Wadirut Bank Mandiri

Kamis, 22 Oktober 2020 - 16:58 | 51.83k
Alexandra Askandar. (Foto: Bank Mandiri)
Alexandra Askandar. (Foto: Bank Mandiri)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan pengangkatan Alexandra W Askandar sebagai Wakil Direktur Utama Bank Mandiri merupakan bentuk upaya peningkatan peran perempuan di jajaran petinggi perusahaan BUMN.  Sebelum menjadi wakil direktur utama, Alexandra merupakan Direktur Coorporate Bank Mandiri. 

“Kami di Kementerian BUMN terus memberikan kesempatan untuk memperbesar komposisi pimpinan wanita di perusahaan-perusahaan BUMN. Penunjukan Alexandra sebagai Wakil Direktur Utama di Bank Mandiri merupakan bagian dari usaha kami untuk terus meningkatkan persentase perempuan, hingga 15 persen pada jajaran pimpinan senior di BUMN," kata Erick dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/10/2020).

Sebelum menunjuk Alexandra, Erick Thohir juga menunjutk Adi Sulistyowati sebagai Wakil Direktur Utama BNI. Alexandra sendiri menduduki posisi wakil direktur utama Bank Mandiri menggantikan posisi yang ditinggal Hery Gunardi. 

Dia merupakan wanita kelahiran tahun 1972 lulusan Universitas Indonesia dan Boston University, Amerika Serikat. Riwayat karir perbankan Alexandra adalah menjadi Group Head Corporate Banking di tahun 2015 dan Senior Executive Vice President pada tahun 2016 di Bank Mandiri. 

Selain itu, lanjut Erick, dirinya juga menunjuk Sigit Prastowo menjadi Direktur Keuangan Bank Mandiri. Sebelumnya, Sigit menjabat Direktur Keuangan di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. 

Sigit Prastowo lahir di Cilacap pada 1 Desember 1971, selama ini sudah dikenal sebagai bankir yang selalu menduduki jabatan di bagian keuangan BNI. Bahkan sejak tahun 2005, lulusan Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada selalu berkutat di bidang keuangan perbankan nasional. 

“Sedangkan Sigit Prastowo, kami juga memberi kesempatan kepadanya yang selama ini meniti karir di BNI untuk berkiprah jadi direksi di Bank Mandiri sebagai bagian dari tour of duty," katanya. 

Menteri BUMN RI Erick Thohir juga berharap kehadira  Alexandra W Askandar bisa membuat seluruh BUMN melakukan pengembangan sumber daya manusianya sehingga semakin banyak lagi perusahaan BUMN menjadi center of excellence. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES