Kesehatan 3M Lawan Covid

Peneliti Ingatkan Dua Gejala Covid-19 yang Sering Terjadi

Kamis, 22 Oktober 2020 - 16:40 | 59.62k
Ilustrasi virus Covid-19. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi virus Covid-19. (Foto: Pixabay)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Peneliti memperingatkan dua kondisi awal yang jadi tanda risiko terpapar Covid-19. Dua tanda atau gejala Covid-19 ini adalah gejala COVID-19 mencatat sakit kepala dan kelelahan sering dialami pasien pada tahap awal terinfeksi.

Menurut informasi dari Express UK, sebuah riset menemukan gejala Covid-19 ini bisa berbahaya karena kerap tidak disadari pasien. Data kami menunjukkan bahwa gejala awal yang paling umum dialami sebenarnya adalah sakit kepala (82 persen) dan kelelahan (72 persen) dan ini terjadi pada semua kelompok umur.

"Kedua gejala tersebut adalah gejala yang paling sering dialami pasien virus Corona di seluruh Inggris," sebut para peneliti.

Peneliti menyebut terdapat sembilan persen orang dewasa yang positif Covid-19 yang tidak mengalami dua gejala ini. Namun, para ahli tidak mengesampingkan kondisi lain yang bisa saja menyebabkan sakit kepala atau kelelahan.

"Hanya sembilan persen orang dewasa yang positif COVID-19 berusia 18-65 tahun yang tidak mengalami sakit kepala atau kelelahan," tambahnya. 

Gejala sakit kepala dan kelelahan bisa terjadi terjadi pada kondisi lain, itulah sebabnya mereka tidak langsung melakukan tes Covid-19 sendiri. Dua tanda awal ini sangat umum dialami sehari-hari, sehingga peneliti menyebut perlu ada keluhan gejala Covid-19 lain yang khas dirasakan pasien Corona. 

Gejala Covid-19 khas yang selama ini dirasakan pasien meliputi demam, batuk, hingga sesak napas atau bahkan gangguan indra penciuman dan perasa. Jika anda merasa mengalami gejala maka segeralah periksakan diri ke dokter. (*)

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES