Peristiwa Daerah

Hari Santri Nasional 2020, Jispro Berbagi Ilmu Dasar Jurnalsitik dengan Santri

Kamis, 22 Oktober 2020 - 15:58 | 40.27k
Jispro berbagi ilmu jurnalistik dengan santri. (FOTO: Rhomadona for TIMES Indonesia)
Jispro berbagi ilmu jurnalistik dengan santri. (FOTO: Rhomadona for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Momen Hari Santri Nasional 2020 dimanfaatkan Jurnalis Probolinggo (Jispro) untuk berbagi ilmu dasar jurnalistik kepada sejumlah santri  pondok pesantren di Kota Probolinggo, Jawa Timur,

Kegiatan dalam bentuk Diklat Jurnalistik tersebut digelar, sebagai wujud pengingat bahwa beberapa jurnalis merupakan jebolan pondok pesantren. Diklat jurnalistik, digelar di Ponpes Roudlatul Tholibin, Kademangan, Kota Probolinggo.

Ketua Jispro, Rhomadona menyebut, dengan diklat ini, diharapkan ilmu jurnalistik yang dimiliki oleh para jurnalis Probolinggo dapat ditularkan.

“Terutama pengalaman rekan jurnalis, kepada para santri. Selain itu, ilmu yang kami sampaikan bisa bermanfaat, syukur ada adik-adik santri sini yang berminat untuk menekuni dan memperdalam ilmu jurnalistiknya,” katanya, Kamis (22/10/2020).

Bertindak sebagai pemateri, Ikhsan Mahmudi, kemudian menyampaikan sejumlah ilmu dasar jurnalistik. Mulai dari rumus 5W+1H, serta pemikiran kritis dari seorang jurnalis. “Setidaknya jurnalis itu harus berani. Minimal berani bertanya pada narasumber, apapun keadannya,” jelas wartawan kawakan ini.

Ikhsan juga menegaskan pada santri yang ikut dalam pelatihan tersebut, untuk sering melatih kemampuan menulisnya. “Sebab yang menjadikan seorang jurnalis hebat itu adalah pengalaman. Tanpa pengalaman, tidak akan bisa,” imbuhnya.

Atas kegiatan itu, sambutan positif dating dari pihak Pondok Pesantren Roudlatul Tholibin. Kepala pengurus ponpes, Uztad Ainul Yakin mengatakan, banyak manfaat yang bisa didapat dari diklat jurnalistik yang digelar oleh Jispro ini.

“Salah satunya, diharapkan bisa menumbuh kembangkan kemampuan jurnalistik para santri. Di mana saat ini, di ponpes sendiri sudah berjalan sebuah media milik ponpes,” katanya.

Lebih jauh, Uztad Ainul Yakin berharap, ilmu dasar jurnalistik yang didapat dari diklat yang digelar Jispro di momen Hari Santri Nasional 2020 ini, tak hanya bisa diaplikasikan oleh santri yang terlibat dalam media pondok pesantren saja. Melainkan pada seluruh santri di Ponpes Roudlatul Tholibin, Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES