Peristiwa Daerah

Hari Santri Nasional 2020, Santri di Gresik Upacara Pakai Sarung dan Kopiah

Kamis, 22 Oktober 2020 - 15:46 | 49.45k
Santri Ponpes Al-Karimi Tebuwung Kecamatan Dukun saat mengikuti upacara bendera (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Santri Ponpes Al-Karimi Tebuwung Kecamatan Dukun saat mengikuti upacara bendera (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Memperingati Hari Santri Nasional 2020 (HSN 2020), sejumlah santri di Kabupaten Gresik Jawa Timur melaksanakan upacara bendera dengan memakai kostum khas santri yakni bersarung dan kopiah.

Seperti yang dilakukan oleh santri dan juga Pengurus Yayasan ponpes Alkarimi Desa Tebuwung Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik (22/10/2020) siang. 

Meski begitu, kegiatan santri ini tetap menerapkan protokol kesehatan ketat seperti mewajibkam bermasker, rajin cuci tangan serta physical distancing (berjarak).

Puncak peringatan HSN hari ini adalah bagian dari ikhtiar bersama untuk memberikan edukasi kepada siswa siswi santri untuk semangat belajar dalam mengisi kemerdekaan. 

Ketua YPP Alkarimi KH. Murtadlo Abdullah mengatakan, resolusi jihad memberikan semangat dan kekuatan belajar dan berkhidmah. Upaya dan usaha para kiai ulama dan santri untuk memperjuangkan kemerdekaan NKRI sungguh sangat berat. 

"Pagi mengajar santri malamnya ikut bergerilya untuk mengusir penjajah," katanya saat sambutan dalam upacara.

Ditambahkan Yai Murtadlo dengan Instruksi dari Mbah Hasyim Asy'ari tentang Resolusi Jihad maka radius 2 KM ummat Islam hukumnya fardlu Ain untuk ikut perang mengusir penjajah.

"Dengan memaknai resolusi jihad ini dirinya berharap kepada siswa dan santri untuk selalu mengisi kemerdekaan dengan hal positif disiplin guru dan murid harus ditegakkan," pungkasnya.

Agenda setelah upacara Hari Santri Nasional 2020 seluruh santri melanjutkan kegiatan doa bersama Istighosah dan pembacaan Sholawat Thibbil Qulub di Masjid Salafiyah Ponpes Al-karimi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES