Peristiwa Nasional

Jembatan Teluk Kendari, Ikon Baru Kebanggaan Sulawesi Tenggara

Kamis, 22 Oktober 2020 - 15:23 | 189.65k
Jembatan Teluk Kendari di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. (FOTO: Kementerian PUPR RI)
Jembatan Teluk Kendari di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. (FOTO: Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAJembatan Teluk Kendari telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada hari ini, Kamis (22/10/2020). Jembatan sepanjang 1,34 kilometer itu berada di wilayah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Keberadaan jembatan tersebut, seperti kata Presiden Jokowi, akan memudahkan mobilitas penduduk dan juga aktivitas perdagangan serta industri yang melintasi Kecamatan Kota Lama dan Poasia.

Sebelum ada jembatan, untuk menuju Poasia dari Kota Lama maupun sebaliknya, masyarakat harus menggunakan kapal feri untuk memutari Teluk Kendari. Wakyu yang ditempuh untuk sampai ke tujuan antara 30-40 menit.

Sekarang, dengan adanya Jembatan Teluk Kendari, masyarakat hanya memerlukan waktu selama lima menit.

“Sekarang hanya perlu waktu 5 menit. Kelancaran konektivitas dan akses ini akan membuat mobilitas jasa dan manusia semakin efisien,” kata Presiden Jokowi.

Jembatan yang memiliki lebar jalan 20 meter itu mulai dibangun sejak 2015 hingga 2020 dengan biaya total Rp809 miliar.

Jembatan Teluk Kendari dibangun untuk mendukung pengembangan wilayah Kota Kendari bagian Selatan dan Pulau Bungkutoko yang akan dikembangkan menjadi kawasan industri, Kendari New Port, dan kawasan permukiman baru. Kawasan pelabuhan baru tersebut merupakan pengganti dari kawasan Pelabuhan di Kota Lama. 

Nantinya, Jembatan Teluk Kendari akan terhubung dengan jalan nasional dan jalan lingkar luar (Outer Ring Road) Kota Kendari sepanjang 40 km yang menghubungkan Kota Kendari dengan Kabupaten Konawe.

"Sehingga akan mempermudah mobilitas kendaraan logistik dari kawasan pelabuhan baru di Pulau Bungkutoko yang menjadi bagian pengembangan Kota Kendari seluas 66 hektare," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Sekitar kawasan jembatan ditata dan dimanfaatkan sebagai ruang terbuka publik. Sejumlah fasilitas akan dibangun seperti lapangan olahraga, area parkir, dan street cinema sebagai bagian dari pengembangan kawasan Kota Lama.

Penataan yang sedemikian rupa membuat Jembatan Teluk Kendari menjadi ikon baru dan kebanggaan masyarakat Kota Kendari dan Sulawesi Tenggara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES