Peristiwa Daerah

Kedai di Bondowoso Ini Gratiskan Kopi bagi Warga Berpakaian ala Santri

Kamis, 22 Oktober 2020 - 15:00 | 72.62k
Pengunjung berpakaian ala santri tampak menikmati kopi di kedai 'Tukang Goreng Kopi'. Di HSN ini, khusus warga berkostum Santri bisa menikmati kopi secara gratis (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Pengunjung berpakaian ala santri tampak menikmati kopi di kedai 'Tukang Goreng Kopi'. Di HSN ini, khusus warga berkostum Santri bisa menikmati kopi secara gratis (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Berbagai cara dilakukan oleh warga dalam ikut memeriahkan perayaan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2020. Misalnya upacara, istighasah, dan berbagai kegiatan yang lain, tak terkecuali di Kabupaten Bondowoso.

Di Bondowoso, salah seorang warga punya cara berbeda dalam menyukuri HSN 2020. Di mana ada satu kedai menggratiskan kopi bagi pengunjung. Dengan syarat berpakaian ala santri.

Kedai dengan nama 'Tukang Goreng Kopi' ini, sebenarnya menggunakan konsep kopi ikhlas. Minum kopi, tapi bayar seikhlasnya. Bahkan digratiskan setiap Jumat. 

Namun karena hari ini bertepatan denga HSN 2020, meski bukan Jumat, pemilik Kedai, Sigit Irawan menggratiskan bagi warga yang berkostum santri.

Sigit Irawan mengatakan, penggratisan kopi di HSN ini, merupakan wujud terima kasih kepada santri yang ikut berjuang mempertahankan NKRI.

"Santri itu solidaritasnya tinggi. Terus hubbul wathon (kecintaan terhadap negara), juga tidak bisa diragukan. Makanya meski tak pernah mondok, saya bangga dengan santri. Bahkan teman-teman saya banyak yang santri," paparnya.

Menurutnya, di tengah zaman modern ini, negara ini butuh sosok seperti santri. Yakni kemuliaan karakternya dan kedalaman ilmu agamanya. "Kita patut berbangga dengan santri," imbuhnya.

Di kedai milik Sigit disediakan berbagai jenis kopi. Mulai Arabica Ijen Raung, Arabica Gayo, Robusta Banyuwangi, Robusta Ijen dan Arabica Blue Montain. "Minum apapun digratiskan. Sampai nanti malam, sampai tutup," imbuhnya.

Sementara itu, Ihsan salah seorang pengunjung yang kebetulan berpakaian ala santri, mengaku kaget karena saat mau bayar malah digratiskan.

"Saya bertiga, kebetulan lewat dan mampir. Saya pesan Arabica Gayo. Kok malah digratiskan. Saya apresiasi, dan bangga dengan warga yang peduli terhadap santri," jelas Warga Pujer ini.

Kedai 'Tukang Goreng Kopi' di Kabupaten Bondowoso ini baru dibuka 27 September lalu. Selain menggratiskan kopi di hari-hari tertentu seperti Hari Santri Nasional dan sebagainya, kedai ini juga membuat edukasi kopi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES