Peristiwa Daerah

Garap Energi Terbarukan, Unibraw dan Pemdes Selur Ponorogo Bangun Pembangkit Tenaga Mikro Hydro

Kamis, 22 Oktober 2020 - 15:31 | 112.91k
Kru LPPM Unibraw saat berada di Desa Selur, Ponorogo. (Foto: Taufik Arohman/TIMES Indonesia)
Kru LPPM Unibraw saat berada di Desa Selur, Ponorogo. (Foto: Taufik Arohman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Memanen air hujan. Ini yang dilakukan oleh masyarakat dan Pemerintah Desa (Pemdes) Selur, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo. Bermitra dengan LPPM Unibraw (Universitas Brawijaya) Malang, Pemdes Selur membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro atau PLTMH.

"Kami atas nama pemerintah desa dan masyarakat Desa Selur mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada Universitas Brawijaya Malang atas kerjasama dalam program doktor mengabdi, dengan dioptimalkannya potensi lokal. Yaitu, konsep memanen air hujan dengan dibangunnya PLTMH sangat mebantu maysrakat Desa Selur," ujar Kepala Desa Selur, Suprapto, Kamis (22/10/2020).

LPPM Unibraw 3

Bertempat di wisata Air Terjun Sunggah Desa Selur, LPPM Universitas Brawijaya Malang pada hari ini melakukan kunjungan  pembangunan PLTMH. Kegiatan tersebut merupakan sebuah bentuk kerjasama dalam program doktor mengabdi yang dihadiri oleh ketua beserta anggota LPPM Universitas Brawijaya Malang.

Sementara pendanaan Pembangunan Listrik Mikro Hydro ini berasal dari LPPM Universitas Brawijaya serta Dana Pendamping dari Desa Selur yang bersumber dari Dana Desa.

"Selaras dengan program pemerintah untuk menggarap energi terbarukan, alhamdullilah Desa Selur dengan bekerjasama dengan Universitas Brawijaya Malang sudah melakukan terlebih dahulu," terang Suprapto kepada TIMES Indonesia.

"Harapan dari Pemdes dan masyarakat Desa Selur masih banyak potensi lokal lainnya yang memerlukan penanganan dan optimalisasi," imbuh kepala desa.

Ketua LPPM Universitas Brawijaya Malang, Bambang Susilo mengatakan bahwa harapan dari Universitas Brawijaya adalah dengan terjalinnya kerjasama seperti ini Desa Selur merupakan bagian dari Desa mitra Universitas Brawijaya.

LPPM Unibraw 2

Dengan terbangunnya PLTMH selain untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat yang belum teraliri, juga bisa berfungsi sebagai pengairan sawah. Sehingga mampu menopang Pendapatan Asli Desa (PAD) melalui energy terbarukan.

Kerjasama antara Unibraw Malang dengan Desa Selur, Ponorogo ini sudah ditandatangani sejak tahun 2019 kemarin dengan kapasitas 25 kWh. "Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro ini dikerjakan oleh warga sekitar dan pada waktu kunjungan ini pengerjaan sudah mencapai 80 persen," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES